KOMUNIKASI KELOMPOK REMAJA “ASIKIN AJA” PENGONSUMSI ALKOHOL DI JAKARTA (STUDI KASUS KOMUNIKASI KELOMPOK PADA REMAJA DI JAKARTA DALAM PENGONSUMSIAN ALKOHOL)

Riezka Tri Wardhani
Universitas Gunadarma
Indonesia
Purwanti Hadisiwi
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ditha Prasanti
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Mengapa Kelompok remaja mengonsumsi alkohol secara berkelompok, 2) Bagaimana proses komunikasi yang terjadi dalam memutuskan mengonsumsi alkohol, 3) Bagaimana peran individu dalam kelompok remaja pengonsumsi alkohol, 4) Bagaimana norma dalam kelompok remaja pengonsumsi alkohol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang mendalam dan melakukan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Anggota kelompok Asikin Aja memiliki dua alasan mengonsumsi minuman beralkohol yaitu adanya rasa ingin tahu yang tinggi dan paksaan dari luar serta memiliki tujuan kelompok yaitu menjunjung tinggi solidaritas kelompok, 2) Adanya bahasa tersendiri di dalam kelompok untuk mengajak anggotanya mengonsumsi alkohol, menjaga tutur kata dan menjaga hubungan dengan baik antar anggota 3) Adanya pemimpin dalam kelompok Asikin Aja yang dipilih secara tidak langsung mengarah pada satu orang karena anggota merasa kapabilitas yang cukup dan bijaksana yang dimilikinya diakui sendiri oleh anggota tersebut adalah pemimpin dan adanya peran dalam setiap individu, 4) Ada norma tidak tertulis didalam kelompok untuk tidak menimbulkan kerusuhan saat supaya tidak memunculkan perasaan emosional yang meningkat agar tidak ada konflik dalam kelompoknya.

Keywords
Komunikasi Kelompok; Remaja; Pengonsumsi Alkohol; Jakarta
References

Creswell, J. W. (1996). Resarch Design: Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan Mixed. Graha Ilmu.

Masterson, J. T., & Beebe, S. (2015). Communicating In Small Groups: Principles and Practices. Pearson Education.

Bungin, B. (2009). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursi Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana.

Dewi, K. C. (2009). Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri Se-Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Universitas Negeri Semarang.

Information
PDF
1309 times PDF : 268 times