ADAPTASI PERTUKARAN SOSIAL RELAWAN PENGAJAR DI SEKOLAH TERBUKA MASTER, DEPOK

Yuning Ika Rohmawati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Amirudin Amirudin
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai adaptasi dari keseimbangan hubungan yang hendak dicapai pada interaksi relawan pengajar dengan siswa Sekolah Master antara realitas yang menjadi pengorbanan relawan dan ganjaran yang diterima relawan selama proses belajar mengajar di Sekolah Master melalui studi grounded theory. Penelitian ini menggunakan strategi grounded theory melalui metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih informan dari relawan pengajar yang ada di Sekolah Master. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah motivasi awal berasal mengajar dari keinginan internal mengabdikan diri sebagai relawan, strategi mengajar yang diterapkan relawan pengajar di sekolah Master tidak bisa disamakan dengan sekolah formal pada umumnya. Temuan penelitian ini memperkuat teori pertukaran sosial, dimana pihak yang melakukan komunikasi melakukan pengorbanan, dan mencari ganjaran. Ganjaran yang besar atau memuaskan, walaupun bukan dalam bentuk materi yang dipertukarkan, tetapi melibatkan emosi dan nilai-nilai yang turut menentukan kualitas hubungan tersebut.

Keywords
Adaptasi; Ganjaran; Pengorbanan; Relawan Pengajar; Sekolah Master
References

Afandi, M. (2018). Meninjau Kembali Kebijakan dan Program Reunifikasi Anak Jalanan di Indonesia. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(1), 43. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0201-03

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (Edisi Kedua). Kencana Prenada Media Group.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.

Littlejohn, Stephen W., & Foss, Karen A. (2009). Teori Komunikasi (Edisi Sembilan). Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.

Pontoh, W. P. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Acta Diurna, 1(1).

S, Tri Yantari Wahyu. (2012). Eksistensi Warnet Café Er, Mr Dan Je Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Dusun Mrican Baru, Catur Tunggal, Depok, Sleman). Universitas Negeri Yogyakarta.

Information
PDF
481 times PDF : 257 times