STRATEGI IMC PADA MIKTI DALAM MEMPROMOSIKAN PROGRAM DUKUNG GURU DIGITAL

Nabila Irsyaf
Telkom University
Indonesia
Itca Istia Wahyuni
Telkom University
Indonesia

Abstract

Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia membut Pemerintah mengambil langkah pencegahan yang cepat dengan merubah sistem Pendidikan tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (online learning). Sebagai komunitas industri kreatif digital Indonesia (MIKTI) turut andil dalam membantu pembelajaran di tengah situasi pandemi dengan menghadirkan program pendampingan pada Dukung Guru Digital dalam pembelajaran online kepada Guru-guru di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi IMC pada MIKTI dalam  mempromosikan program Dukung Guru Digital. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa pada tahap perencanaan, MIKTI belum menyusun analisis SWOT yang tepat dan menentukan segmentasi untuk sasaran audiens sebagai elemen dasarnya. Sedangkan untuk tahap  implementasi, program Dukung Guru Digital menggunakan advertising, public relation, event, wom dan e-wom.  Selain itu, ditemukannya community partner sebagai salah satu bauran komunikasi pemasaran yang juga digunakan untuk promosi. Adapun untuk tahap evaluasi dapat diketahui bahwa pencapaian program Dukung Guru Digital untuk target audiensnya belum optimal.

Keywords
Dukung Guru Digital; IMC; Online Learning
References

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.

Morissan, M. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenadamedia Group.

Morissan, M. (2019). Riset Kualitatif. Kencana.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Prasetyo, B. D., Febriani, N. S., Asmara, W. W., Tamitiadini, D. D., Destrity, N. A., Avina, D. A. A., & Illahi, A. K. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pendekatan Tradisional hingga Era Media Baru (Cetakan Pe). Universitas Brawijaya Press.

Sjaifudian, H. (2020). Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. In Unai.Edu. https://unai.edu/wp-content/uploads/2020/07/Bunda-Hetifah_Webinar-Nasional-Indonesia-Bangkit-Seri-1-Pendidikan-dalam-New-Normal_Compressed.pdf

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sutarsih, T., & Hasyyati, A. (2018). Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (P2TIK) Sektor Pendidikan 2018. BPS Republik Indonesia, 52.

Information
PDF
187 times PDF : 98 times