STRATEGI PENGELOLAAN MEDIA ONLIE LOKAL DI KOTA SEMARANG

Alkomari Alkomari
Universitas Selamat Sri Kendal
Indonesia

Abstract

Media online belakangan bermunculan di berbagai daerah seiring dengan dampak dari digitalisasi informasi. Begitu juga di Kota Semarang yang bermunculan beberapa media online, baik yang berdiri secara mandiri maupun dibuat sebagai pengembangan bisnis media dari media yang sebelumnya sudah lama ada. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana strategi pengelolaan media online lokal di Kota Semarang. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan paradigma positivistik melalui pendekatan deskreptif kualitatif. Dimana peneliti menjadikan dua media online lokal di Kota Semarang, ayosemarang.com dan jatengtoday.com sebagai objek penelitian dan pimpinan kedua media online tersebut sebagai informan penelitian. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini diantaranya teori manajemen sistem, teori jaringan media baru, dan teori komunikasi organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola media online lokal di Kota Semarang sudah memperhatikan kualitas SDM dan perangkat teknologi yang memadai agar mampu menjawab tuntutan pasar untuk bekerja secara cepat. Dalam meningkatkan viewer, media online di Kota Semarang juga sudah membekali karyawannya dengan pengetahuan dan wawasan tentang media sosial dan strategi penulisan agar beritanya mudah dicari melalui google, sehingga dibaca banyak orang. Media online juga sudah memahami bagaimana membuat konten-konten yang menarik bagi pembaca, namun konten-konten tersebut masih dipandang belum bisa secara langsung berdampak pada pendapatan dari masuknya iklan. Pola komunikasi diantara karyawan menggunakan model komunikasi bintang dalam sebuah organisasi media online. Secara keseluruhan pengelolaan media online selain harus menjaga kualitas konten, media online juga harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada klien.

 

Keywords
Komunikasi Organisasi; Media Online; Strategi Manajemen
References

Hadi, P., Abdullah, A., & Arie, P. (2016). Strategi Humas Siber melalui Pengelolaan Konten Website Pemerintah Studi Kasus website www.subang.go.id pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Subang. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 2(2), 19–25.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Kung, L. (2009). Strategic Management in the Media. SAGE Publication.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2008). Theories of Human Communication (Edisi 9). Thomson Wadsworth.

Mariatna, F. A. S., Wisnu, A., & Martha. (2014). Manajemen Media Online: Studi Kasus Manajemen Redaksi Goal Indonesia (http://www.goal.com/id-id) sebagai Portal Berita Sepakbola Berbasis Virtual Management. Universitas Gajah Mada.

Sucahya, M. (2017). Manajemen Media Digital. Jurnal Tarbawi Universitas Sultan Maulana Hasanudin Banten, 3(01), 43–58.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Prodi Ilmu Komunikasi

Information
PDF
473 times PDF : 209 times