AKTIFITAS BRANDING GEOPARK CILETUH OLEH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM PERSPEKTIF PENTA HELIX

Foeunna Raseuki
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Wahyuni Choiriyati
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Jawa barat merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata dan banyak dikunjungi oleh wisawatan mancanegara maupun wisatawan nasional. Tempat wisata yang saat ini menarik perhatian wisatawan yaitu, Geopark yang terletak di daerah Ciletuh-Palabuhanratu, Sukabumi, jawa barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan penggunaan Konsep Penta Helix oleh pemerintah dalam mempromosikan pariwisata Geopark ciletuh kepada wisatawan. Judul penelitian ini adalah Aktifitas Branding Geopark Ciletuh oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Perspektif Penta Helix. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, dengan metode Studi Kasus dan paradigma Konstruktivisme. Teknik pengambilan data yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa konsep Penta Helix yang digunakan oleh Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Sukabumi berhasil dalam aktivitas branding Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Karena kelima komponen berintegrasi menjadi satu sehingga upaya branding yang dilakukan berjalan dengan semestinya. Selain keberhasilannya, Dinas Pariwisata dan kebudayaan juga memiliki kekurangan dimana kurangnya pengoptimalan dalam sistem pengelolaan geosite, dan masih kurangnya pemberdayaan masyarakat yang merata pada seluruh area geopark.

Keywords
Pariwisata, Penta Helix, Geopark, Branding, Ciletuh-Palabuhanratu
References

Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata: Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana.

Cresswell, John. (1997). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publication.

Lincolin Arsyad, Stephanus Eri Kusuma. (2014). Ekonomika Industri: Pendekatan Struktur, Perilaku, dan Kinerja. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Ruangguru.com. (2019). Luas dan Batas Wilayah Indonesia. Diakses dari https://blog.ruangguru.com/luas-dan-batas-wilayah-indonesia pada 23 April 2019

Yuningsih, Tri. (2019). Model Penta Helix dalam Pengembangan Pariwisata di Kota Semarang.

Information
PDF
631 times PDF : 1024 times