REPRESENTASI PARIWISATA DI KABUPATEN TOJO UNA-UNA, SULAWESI TENGAH PADA MAJALAH DESTINASI INDONESIA

Mita Anggraeni
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Indonesia
Mulharnetti Syas
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang representasi pariwisata di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah yang digambarkan oleh Majalah Destinasi Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, dengan metode analisis semiotika sosial M.A.K. Halliday. Hasil Penelitian: Pada elemen field of discourse (medan wacana), Majalah Destinasi Indonesia menggambarkan semua unsur pariwisata yang terdapat pada Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Pada elemen tenor of discourse (pelibat wacana), Majalah Destinasi Indonesia hanya mencantumkan satu narasumber untuk setiap feature. Pada elemen mode of discourse (sarana wacana) Majalah Destinasi Indonesia) menggunakan ragam bahasa sastra, gaya bahasa dengan majas penegasan dan majas perbandingan, serta penggunaan istilah asing dan bahasa daerah setempat. Kesimpulan: Majalah Destinasi Indonesia menggambarkan keindahan, keunikan, kekayaan budaya, kelengkapan fasilitas, dan kesiapan masyarakat lokal Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi oleh calon wisatawan. Saran: Redaksi Majalah Destinasi Indonesia sebaiknya menambah narasumber pada setiap feature yang disajikan.

Keywords
Representasi Pariwisata, Feature Perjalanan, Majalah Destinasi Indonesia
References

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group.

Eriyanto. (2011). Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Inge, Rotua Uly. (2012). Representasi Budaya Dalam Iklan Pariwisata (Analisis Semiotika pada Video Musik S.E.O.U.L dan Fly to Seoul). Skripsi. Depok: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Diakses dari http://lib.ui.ac.id//, pada 8 September 2018

Ishwara, Luwi. (2015). Jurnalisme Dasar. Jakarta: Penerbit Buku Kompas (Kompas Media Nusantara).

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (Edisi Pertama, Cetakan ke-5). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi (cetakan kedua puluh Sembilan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Prakoso, Johanes Randy. (2015). Media Massa Punya Peran Penting Promosi Pariwisata Indonesia. Diakses dari http://travel.detik.com/read/2015/04/14/ 155804/2887096/1382/media-massa-punya-peran-penting-promosi-pariwisata-indonesia, pada 30 November 2015

Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.

Sobur, Alex. (2015). Analisis Teks Media (Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing, Cetakan ke-6). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, A.S. Haris. (2016). Jurnalistik Indonesia (Menulis Berita dan Feature): Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sunaryo, Bambang. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Suwena, I Ketut, Widyatmaja, I Gusti Ngurah. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan, bekerja sama dengan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Denpasar. (online edition).

Tiede, Rachel M. (2016). The Importance of Travel Journalism. Fort Worth: Department of Journalism, Texas Christian University. Diakses dari https://repository.tcu.edu/bitstream/handle/116099117/11434/Tiede__Rachel--Honors_Project.pdf?sequence=1&isAllowed=y, pada 16 November 2018

Undang-Undang RI No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wibowo, Wahyu, dan Seto, Indiwan. (2015). Pengantar Jurnalistik (Teknik Penulisan Berita, Artikel, & Feature). Tangerang: PT. Matana Publishing Utama.

Yunus, Syarifudin. (2010). Jurnalistik Terapan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Information
PDF
904 times PDF : 902 times