POTENSI KULINER PEMPEK DALAM MEMBANGUN IKON KOTA PALEMBANG

Dyaloka Puspita Ningrum
Universitas Widya Mataram
Indonesia
Lely Arrianie
Universitas Widya Mataram
Indonesia

Abstract

Kegiatan pariwisata menjadi tombak dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di suatu daerah. Wisata kuliner pempek Palembang dijadikan sebagai bisnis kreatif yang turut berkontribusi dalam membangun identitas daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi pempek sebagai wisata kuliner unggulan di industri 4.0 berdasarkan analisis SWOT yang dianggap dapat melihat berbagai macam fenomena yang ada dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh langsung dari penjual pempek Palembang dan para wisatawan. Sedangkan data sekunder didapatkan melalui media online seperti facebook, instagram dan shopee id. Kuliner pempek sebagai produk lokal menjadi kebutuhan pangan wisatawan yang datang ke kota Palembang karena didukung juga dengan sarana prasarana daerah yang sangat baik. Di era digital saat ini, wisata kuliner pempek makin terus eksis dan mampu memperkenalkan Kota Palembang bahkan ditingkat global. Meningkatnya pemasaran produk pempek diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada khalayak dimanapun mereka berada untuk terus menikmati makanan tradisional tersebut ditengah tantangan budaya asing yang masuk di negeri ini.

Keywords
Wisata kuliner, Pempek, Analisis SWOT, Kota Palembang, Era Digital
References

Adam Nugraha Wiradhana H. 2012. Analisis SWOT Sebagai Alat Formulasi Strategi Pemasaran http://tulisan-adam.blogspot.com/2012/01/analisis -swot-sebagai-alat-formulasi.html.

Ferrel, O.C and D, Harline. 2005. Marketing Strategy. South Western : Thomson Corporation

Freddy Rangkuti. 2005. Analis SWOT.

Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT.Gramedia

Moleong, Lexy, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda

Pendit, Nyoman D. (2003). Ilmu Pariwisata : Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta : PT. Pradnya Paramitha

Pitana, I Gde. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta : Penerbit ANDY

Kurniawan, Wawan 2015. “Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Pariwisata Umbul Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang”, Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Information
PDF
3271 times PDF : 2520 times