CHAIN NETWORK AKUN TWITTER BMKG (@infoBMKG) DALAM PENYEBARAN INFORMASI CUACA, IKLIM DAN GEMPA BUMI

Ahmad Fatoni
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

BMKG menggunakan platform media sosial Twitter untuk memberikan informasi perubahan iklim, cuaca dan gempa bumi kepada masyarakat. Jaringan sosial yang terbentuk di Twitter menjadi tujuan analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan metode Social Network Analysis. Hasil penelitian menunjukan akun @infoBMKG pada level sistem terbagi menjadi beberapa cluster. Diameter jaringan sosial akun @infoBMKG sebesar 34. Aktor-aktor yang terlibat kurang dekat dan komunikasi berlangsung satu arah. Akun @infoBMKG merupakan sentral informasi dalam jaringan ini. Jaringan sosial yang terbentuk lebih cenderung berasal dari suatu kelompok. Akun @infoBMKG memiliki tingkat popularitas yang tinggi dan memiliki peran sangat penting dalam menyebarkan informasi. Ada beberapa aktor-aktor sentral lainnya yang memiliki kebebasan untuk menyampaikan informasi dan beberpa akun yang menjadi jembatan antar aktor atau cluster. Kesimpulan dari penelitian ini pada tingkat sistem jaringan sosial akun @infoBMKG merupakan jaringan yang besar, komunikasi yang terjadi satu arah dan aktor-aktor yg terlibat kurang dekat. Pada level aktor Akun @infoBMKG menjadi akun yang paling popular dan penting dalam penyebaran informasi mengenai prubahan iklim, cuaca dan gempa bumi.

Keywords
@infoBMKG, Analisis Jaringan Sosial, Twitter
References

Diani, M. (2011). Social Movement and Collective Action. Singapore: SAGE Publications.

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi: Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Galuh, I. G. (2013). Karekteristik Jaringan Isu Pada Situs Berita Indonesia (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Karakteristik Jaringan Isu Perpecahan Internal Partai Deokrat di Media Internet). Yogyakatra: UAJY.

Kumparan.com. (2018, October 18). kumparan.com. Retrieved 07 28, 2019, from kumparan.com/amp/@kumparannews/alasan-bmkg-menulis-kiacauan-lucu-di-twitter-1539854371912905925 (Diakses Tanggal 25 Juli 2019)

Littejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Theories of Human Communication, 9th edition. California: Thomson Wadsworth.

Lu, Y., Lou, X., Polgar, M., & Cao, Y. (2010). Social Network Analysis of A Criminal Hacker Communicty. The Journal of Computer Information Systems. 51:2, 31-41.

Marin, A., & Wellman, B. (2011). SNA: An Introduction. Jhon Scott and Peter J. Carrington (ed.), The Sage Handbook of Social Network Analysis. London: Sage Publication.

Prell, C. (2012). Social Network Analysis in Costruction. West Sussex: Wiley-Blackwell.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Susanto, B., Herlina, L., & Chrismanto, A. R. (2012). Penerapan Social Network Analysis dalam Penentuan Centrality Studi Kasus Social Network Twitter. Yogyakarta: Uni. Kristen Duta Wacana.

Susanto, E. H. (2011). Komunikasi Bencana: Eksistensi Komunikasi dalam Menghadapi Bencana. ASPIKOM. Yogyakarta: Mata Padi PRessindo.

Information
PDF
915 times PDF : 891 times