PENGARUH PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES DAN INTERFACE DESIGN INSTAGRAM TERHADAP KEPUASAN MENGGUNAKAN INSTAGRAM PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS GUNADARMA

Ade Ahmad Fathoni
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Fitur Instagram Stories dan Interface Design Terhadap Kepuasan Menggunakan Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Jenis penelitian ini menggunakan teori Media Baru dan Uses And Gratification. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang terdapat pada Mahasiswa dan Mahasiswi Gunadarma Fakultas Komunikasi 2017 berjumlah 455 orang dan diambil sampel dengan menggunakan eror sebesar 10% maka jika di bulatkan diperoleh 82 orang yang akan menjadi responden. Dan untuk pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik hitung dengan rumus Slovin. Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Fitur Instagram Stories dan Interface Design memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Menggunakan Instagram .Hubungan antara ketiga variabel pun dinyatakan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat, hal itu terbukti dengan hasil hipotesis penelitian meggunakan uji T bahwa H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh antara Fitur Instagram Stories dan Interface Design terdahap Kepuasan Menggunakan Instagram. Adapun hasil perhitungan koefisien determinasi pada summary output software SPSS 16 for Windows dengan angka R square sebesar 0,687 atau sebesar 68,7%. Jadi Fitur Instagram Stories dan Interface Design memberikan pengaruh terhadap Kepuasan Menggunakan Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma.

Keywords
Pengaruh Fitur Instagram Stories, Interface Design, Kepuasan, Instagram
References

Ardianto, Komala, dan Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jatinangor: Simbiosa Rekatama Media.

Atmoko Dwi, 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Komunikasi Massa Melek Media dan Budaya. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Freddy Rangkuti. 2007. Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang Bisnis. Edisi 2 Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, M. Iqbal. 2003. Pokok – Pokok Materi Statistik 1(Statistik Deskriptif). Edisi Kedua. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Husein Umar. 2003. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta : Kencana.

__________. 2012. PR Writing: Teknik Produksi Media Publik Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta : Kencana.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9.

Jakarta: Salemba Humanika.

Nurudin, 2014. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Bandung : Alfabeta.

__________. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Bandung : Alfabeta.

__________. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Bandung : Alfabeta.

__________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Bandung : Alfabeta.

__________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

__________. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Penerbit CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, ANDI : Yogyakarta.

West, Turner. 2013. Pengantar Teori Komunikasi Analisis Dan Aplikasi. Jakarta : Salemba Humanika.

Information
PDF
4903 times PDF : 4744 times