MEDIA SOSIAL DAN PERUBAHAN PERILAKU BAHASA

Septiana Wulandari
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Baturaja
Indonesia

Abstract

Media sosial mempunyai pengaruh terhadap individu, yang menjadi permasalahannya adalah seberapa besar dan kuatkah pengaruh media pada individu, hal ini dapat dilihat dari bagaimana kemampuan individu dalam menggunakan media sosial termasuk dalam mengutarakan pendapat atau gagasan dalam pikirannya. Kebebasan dalam interaksi di media sosial memberi kesempatan bagi pengguna untuk memberikan umpan balik (feedback) terhadap apa yang diberikan dalam bentuk comment, like, dan sebagainya. Pengaruh yang di dapat dari media sosial tidak hanya pada tingkat kognitif saja tetapi sampai pada tingkat perilaku, termasuk pada perilaku bahasa. Perkembangan perilaku bahasa pada individu di era informasi kuat dipengaruhi oleh bagaimana lingkup interaksi yang biasa dilakukan, salah satunya adalah interaksi individu dalam dunia virtual yaitu di jejaring media sosial.

Keywords
Media sosial, perilaku bahasa
References

Baran, Stanley J. And Davis, Dennis K. 2000. Mass Comunication Theory: Fondation, Ferment and Future, (2nd ed.). Wadsworth.

Badara, Aris. (2012). Analisis Wacana Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta:Kencana Prenade Media Group.

Berger, Peter L and Thomas Luckman. (1966). The Social Construction of Reality. USA: Fletcher n Son Ltd.

Barker, Chris. 2004. Cultural Studies: Teori dan Praktek. Penerjemah: Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Burton, Graeme. 2008. Yang Tersembunyi di Balik Media: Pengantar Kepada Kajian Media. Penyunting: Alfathri Adlin. Yogyakarta: Jalasutra.

Fromm, Erich. 1997. Lari Dari Kebebasan. Penerjemah: Kamdani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kellner, Douglas. 2010. Budaya Media: Cultural Studies, Identitas, dan Politik antara Modern dan Postmodern. Penerjemah: Galih Bondan Rambatan. Yogyakarta, Jalasutra.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.

Kellner, Douglas. 2010. Budaya Media: Cultural Studies, Identitas, dan Politik antara Modern dan Postmodern. Penerjemah: Galih Bondan Rambatan. Yogyakarta, Jalasutra.

Littlejohan, Stephen dan Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi. Penerjemah: Muhammad Yusuf Hamdan. Jakarta: Salemba Humanika.

McQuail, Denis. 2005. McQuali’s Mass Communication Theory. SAGE Publication. 2012. Teori Komunikasi Massa McQuail. Penerjemah: Putri Iva Izzati. Jakarta: Salemba Humanika.

Notoatmodjo, Soekidjo 2010, Etika & Hukum Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Nurudin, Sistem Komunikasi Indonesia(Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010).

Pranata, Maggie Rudy. 2014. “Media Baru dan Komunikasi Sosial: New Era, New Media” dalam http://komunikasi.us/index.php/course/perkembanganteknologikomunikasi/1230-media-baru-dan-komunikasi-sosial-new-era-new-media Diterbitkan 27 April 2014.

Information
PDF
3034 times PDF : 2763 times