POLA KOMUNIKASI INTERNAL MELALUI PESAN DIGITAL PADA PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI

Dinda Rakhma Fitriani
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Kisna Nengsih
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Rani Anggraeni
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi semakin cepat pula arus komunikasi terjadi, lebih efisien, cepat dengan media online yang banyak ditemukan di era millenials, seperti aplikasi whatsapp messenger yang banyak diggunakan dari berbagai kalangan, karena kemudahan untuk menggunakannya whatsapp messenger banyak digunakan sebagi media grup informal maupun formal yang digunakan pada organisasi tertentu, sepeti yang dilakukan PT. Visual Mandiri (Indosiar) yang salah satu divisinya yaitu divisi planning and scheduling yang menggunakan aplikasi whatsapp messenger untuk berkomunikasi dalam organisasi. Pola komunikasi organisasi yang biasa dilakukan di dunia fisik seperti pola komunikasi vertikal, horisontal, diterapkan dalam komunikasi di dunia maya, yang sifatnya terbatas oleh indra dan bersifat terbuka. Peneliti ingin menemukan konsep baru dari pola aliran komunikasi organisasi di media sosial whatsapp messenger,  yang mengarah pada Organizational Behavior. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi, selain mengamati peneliti juga melakukan wawancara mendalam dengan narasumber, dan menggunakan triangulasi data. Dengan hasil temuan pola komunikasi organisasi yang masih ada dan sifatnya tidak seperti dilakukan di dunia fisik, komunkasi yang terjadi di dunia digital lebih terbuka, fleksibel dan sifatnya tidak terlalu kaku. Pesan yang biasanya di pertukarkan bersifat informatif dan persuasif.

Keywords
Pola Komunikasi, Pesan Digital, Indosiar
References

Suswanto, Budi. (2016). Analisis Aliran Informasi Komunikasi Internal Dalam Implementasi Mobile Working Pada Perusahaan Media Penyedia Konten Internal Magazine (Studi Kasus Di Pt Tanair Media Seruni). Jurnal Media Komunikasi Vol.6 (2).

Djamarah, Bahri Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori & Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Cet. I; Yogyakarta : Erlangga.

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Goldberg Alvin A. dan Carl E. Larson. 1985. Komunikasi Kelompok, Proses-Proses Diskusi dan Penerapannya. Jakarta: Universitas Indonesia.

Cooren, Francois, dan Thomas Martie, 2016. Communicative Constitution of Organizations Chapter I. The Journal of University Of Montreal, Canada. Diakses pada 27 juli 2018, dari http://www.researchget.net/profile/Thomas_martine/publicatio/309394678_communicative-Constitution-of-Organization.pdf?origin+publication_detail.

Paradigma penelitian. Diakses pada 27 juli 2018, dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/41324/Chapter%20ll.pdf?squence=3&isallowed=y.

Rachmaniar, dan Anisa Renata. (2017). Studi Deskriptif Tentang Lyalitas Peserta Grup Whatsapp. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, Vol 2(I). Diakses pada 26 juli 2018, dari http://jurnal.unpad.ac.id/sosioglobal/article/view/15269.

Whatsapp. Diakses pada 20 24 juli 2018, dari https://www.google.co.id/search?q=jurnal+tentang+whatsapp&sa=X&ved=0ahUKEwiy4sCN-77cAhUKfn0KHQwLDHIQ1QIIlAEoBA&biw=1326&bih=567.

Information
PDF Tweet
2665 times PDF : 2543 times