NEGOSIASI IDENTITAS SOSIAL ETNIS JAWA DI KOTA METROPOLITAN: SEBUAH STUDI FENOMENOLOGI PADA MASYARAKAT KAMPUNG JAWA

Yuning Ika Rohmawati
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kampung Jawa adalah sebuah kampung di wilayah metropolitan hasil urbanisasi yang keberadaannya telah berkembang dari wilayah urbanisasi etnis Jawa menjadi semakin beragam dengan pendatang lain yang berasal dari berbagai macam budaya, kebiasaan, pekerjaan dan status ekonomi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah mencoba mencari bentuk negosiasi identitas sosial etnis Jawa yang merupakan pendatang sehingga bisa hidup berdampingan dan diterima oleh masyarakat di kota Metropolitan. Penelitian ini berusaha untuk memahami pengalaman negosiasi identitas sosial yang dilakukan oleh etnis Jawa di Kampung Jawa, Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan observasi kualitatif non-partisan. Peneliti melakukan wawancara dengan beberapa subjek penelitian yang representatif dari etnis Jawa sebagai masyarakat dominan di Kampung Jawa dan juga etnis lain yang merupakan bagian dari Kampung Jawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk negosiasi identitas sosial antarwarga yang berlangsung di Kampung Jawa dapat dikategorikan ke dalam lingkup interaksi kegiatan sehari-hari dan interaksi dalam kegiatan rutin yang diadakan oleh musyawarah RT. Hasil dari negosiasi identitas sosial etnis Jawa di Kampung Jawa adalah perasaan dipahami, dihormati, dan dihargai sehingga terbentuk masyarakat yang harmonis.

Keywords
Negosiasi Identitas, Etnis, Fenomenologi, Komunikasi, Kota Metropolitan
References

Creswell, John W., 2010. Research Design Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emalisa. 2003. Pola dan Arus Migrasi di Indonesia. USU (Universitas Sumatera Utara) digital library.

Fitri, Wanda. 2009. Pluralisme dan Kerukunan Hidup Beragama: Studi Komunikasi Antarbudaya terhadap Hubungan Sosial Lintas Agama di Sumatera Barat. The 9th Annual Conference on Islamic Studies (ACIS).

Littlejohn, Stephen W., dan Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi, edisi sembilan. Jakarta: Salemba Humanika.

Mardiansyah, Muhammad Reza. 2013. Memahami Pengalaman Negosiasi Identitas Komunitas Punk Muslim di Dalam Masyarakat Dominan. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Moleong, Lexy J., 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Palmer, Richard E. 2005. Hermeneutika Teori Baru Mengenai Interpretasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 2010. Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Provinsi DKI Jakarta 2010.

Runtiko, Agus Ganjar. 2009. Jurnal Penelitian Komunikasi: Konstruksi Identitas Sosial Kaum Remaja Marginal (Studi Kasus di Kalangan Remaja Pengamen Jalanan di Purwokerto). Bandung: DEPKOMINFO RI.

Samovar, Larry A., Richard E. Porter, dan Edwin R. McDaniel. 2010. Komunikasi Lintas Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Information
PDF Tweet
1305 times PDF : 673 times