KONSTRUKSI CITRA KAUM BANGSAWAN: SEBUAH STUDI KOMUNIKASI POLITIK PADA BANGSAWAN KERATON CIREBON

Ficky Utomo
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kota Cirebon, dengan objek penelitian politisi dari kalangan bangsawan Keraton Kasepuhan dan Kanoman Cirebon. Peneliti ingin mengetahui tujuan mereka berpolitik, pencitraan, serta komunikasi politik yang mereka lakukan. Terakhir, peneliti ingin mengetahui pendapat opinion leader dalam hal ini Ketua Kecamatan Lemah Wungkuk dan Pejabat Kelurahan Kasepuhan Cirebon tentang politisi dari kalangan bangsawan keraton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tradisi fenomenologi. Proses dan teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, dengan mewawancarai 6 narasumber terpercaya yang terkait langsung dengan fenomena yang peneliti angkat Berdasarkan penelitian ini, hasil yang didapatkan adalah, kaum bangsawan Keraton Kasepuhan dan Kanoman melakukan pencitraan dengan menggunakan simbol keningratan keraton, dan masyarakat pemilih tradisional masih terpengaruh dengan pencitraan politik mereka. Mereka melakukan gerakan politik, dan mengintensifkan komunikasi politik kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengembalikan hak-hak berkuasanya wargi dalem keraton dan hak-hak keraton yang lainnya seperti tanah, pajak dan lain-lainnya ketika nanti mereka berkuasa. Gerakan-gerakan berpolitik para bangsawan ini, dilakukan agar kepentingan-kepentingan keraton dan sultan dapat terwakili oleh wargi-wargi keraton kepercayaan sultan yang beliau perintahkan untuk berpolitik mewakili sultan untuk sementara waktu. Saran dari hasil penelitian untuk para politisi dari kalangan bangsawan agar mempersiapkan segalanya sebelum berpolitik, jangan hanya mengandalkan kebangsawanannya, dan untuk masyarakat agar bisa lebih cerdas dan kritis dalam memilih calon pemimpinnya.

Keywords
Citra, Interkasi Simbolis, Komunikasi Politik, Fenomenologi, Bangsawan
References

Ahira, Anne. ”Sebuah Teori Budaya”. Link Url: http://www.anneahira.com/teori-budaya.htm (diakses pada tanggal 8 Mei 2012).

Ahira, Anne. ”Teori Kepemimpinan”. Link Url: http://www.anneahira.com/teori kepemimpinan.htm (diakses pada tanggal 28 Mei 2012).

AP, Sumarno. 1989. Dimensi-dimensi komunikasi Politik. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifin, Anwar. 2006. Pencitraan dalam Politik. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Atmonadi. ”Cirebon”. Link Url: http://www.gragecirebon.wordpress.com (diakses pada tanggal 30 Mei 2012).

Berbasis Kearifan Lokal , 9, pp. 1-11.

Corry Wardhani, Andy. 2012. Komunikasi Pemerintahan Daerah.

Dani. ”Feodalisme”. Link Url: http://dani.blog.fisip.uns.ac.id/2011/09/16/ feodalisme/#respond (diakses pada tanggal 5 Juni).

Davidson, Jamie S. And David Henley. 2007. The Revival Of Tradition In Indonesian Politics (The Deployment Of Adat From Colonialism To Indigenism), 113, pp. 1-377.

Debora idama, Felicia. 2010. Strategi Komunikasi politik dalam perubahan image partai politik (studi kasus: partai politik PKS).

Dinas Perhubungan Informatika dan Komunikasi Kota Cirebon. ”Sejarah Kota Cirebon”. Link Url: http://www.cirebonkota.go.id (diakses pada tanggal 26 Mei 2012).

Furchan, A. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jebarus, Felix. 2012. Komunikasi Politik Soekarno: Membangun Dukungan Publik Dengan Pendekatan Budaya , 13, pp. 1-14.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Liliweri, Alo. 2007. Makna Budaya Dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Lim, Lawrence and Jill Gocher. 1990. The Times Travel Library (Cirebon Edition), 23, pp. 1-95.

Littlejohn, Stephen W and Karen A Foss. 2009. Terjemahan Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Loisa, Riris dan Yugih Setyanto. 2011. Mencari Bentuk Kampanye Politik Khas Indonesia: Pencitraan Berbasis Dimensi Budaya , 12, pp. 1-13.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujianto, Yan.dkk. 2010. Pengantar Ilmu Budaya. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Deddy. 2008. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nairiyah, Putri ”Kebudayaan”. Link Url: http://putrinairiyah.blogspot.com /2012/07/dampak-perkembangan-kebudayaan-terhadap.html (diakses pada tanggal 7 Mei 2012).

Nimmo, Dan. 2000. Komunikasi Politik (Komunikator, Pesan, dan Media). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2000. Sistem Komunikasi Indonesia. Yogyakarta : BIGRAF Publishing.

Palalloi, Hamzah. ”Pencitraan Politik”. Link Url: http://pondok hamzah.blogspot.com/2010/01/pencitraan politik.html (diakses pada tanggal 12 Mei 2012)

Sari, Afrina. 2012. Komunikasi Politik Dan Diplomasi Berbasis Kearifan Lokal (Analisis Pilkada Dalam Proses Kampanye Politik), 18, pp. 1-18.

Setyaningsih, Wahyu. “Review Buku: Teori Budaya”. Link Url: http://sosbud.kompasiana.com/2012/12/29/review-buku-teori-budaya-519684.html (diakses pada tanggal 8 Mei 2012).

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Van Klinken, Gerry. 2010. Adat Dalam Politik Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Varma, S.P. 1995. Teori Politik Modern. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wiryanto. 2000. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo.

www.romeltea.wordpress.com (diakses pada tanggal 21 Oktober 2007 18: 25: 02 GMT).

Information
PDF Tweet
386 times PDF : 387 times