PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT KHONG GUAN BISKUIT FACTORY INDONESIA DI KELURAHAN CIRACAS

Ahmad Nasher
Manajemen Komunikasi Bisnis Pasca Sarjana Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Pengaruh Bauran pemasaran dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen PT Khong Guan Biskuit Factory Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, adapun jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 98 orang dengan menggunakan teknik area sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan penyebaran kuesioner dan menghimpun data dari sumber bacaan yang relevan dengan masalah penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui nilai koefisien jalur (path coefficient) antara variabel bauran pemasaran dengan loyalitas konsumen sebesar 0.363, nilai ini mencerminkan bahwa bauran pemasaran dan loyalitas konsumen secara nyata mempunyai hubungan yang positif. Sedangkan nilai koefisien jalur (path coefficient) antara variable citra merek dan loyalitas konsumen sebesar 0.460, nilai ini mencerminkan terdapat pengaruh yang cukup erat antara citra merek yang dimiliki oleh PT Khong Guan Biskuit Factory Indonesia dengan loyalitas konsumennya di daerah Kelurahan Ciracas.

Keywords
Bauran Pemasaran, Citra Merek, Loyalitas Konsumen
References

Bacal, Robert, 2002. Performance Management.PT. Gramedia Pustaka Utama.

Aaker, D. A. 1991. Managing Brand Equity: Capitalizing on the value of brand name. Free Press. New York.

Agnes Ulus, Algrina. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu pada PT. Astra Internasional Manado.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen. Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta

Armstrong, dan Kotler. 2004. Principal of marketing. Pearson Education. USA

A.D Selang, Christian. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen. Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Lumintang, Andrew. 2013. Marketing mix Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy di Kota Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen. Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Buchari, Alma. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.CV Alvabeta. Bandung.

Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana. Jakarta.

Cooper, and Pamela, 2006, Bussines Research Methods, 9th edition.McGraw-Hill International Edition.

E Kalalo, Rinny. 2013. Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen PT. Matahari Dept. Store, Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen. Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Fibriyanti Salim, Fanny dan Dharmayanti, Diah. 2014. Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Mobil Toyota di Surabaya. Program Manajemen Pemasaran. Surabaya. Universitas Kristen Petra.

Information
PDF Tweet
436 times PDF : 907 times