VERBAL SEXUAL ABUSE PADA KOLOM KOMENTAR AKUN MEDIA SOSIAL TIKTOK @KINDERFLIX.IDN

Michel Purnama
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Vivian Lorence
Universitas Padjadjaran
Indonesia
Yesika Maria Magdalena Tarigan
Universitas Padjadjaran
Indonesia

Abstract

Verbal sexual abuse adalah sebuah tindak kejahatan berbau seksualitas baik dalam bentuk tulisan maupun perkataan secara langsung yang dapat berdampak pada psikologis seseorang. Penelitian ini berfokus pada peristiwa verbal sexual abuse yang terjadi pada kolom komentar di laman TikTok @kinderflix.idn yang ditujukan kepada para talent dalam konten video yang terdapat pada akun tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan penggunaan metode analisis isi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik yang menjelaskan bagaimana bentuk dan pemaknaan verbal sexual abuse pada kolom komentar di akun media sosial Tiktok @kinderflix.idn. Hasil penelitian menunjukkan verbal sexual abuse berbentuk candaan paling umum ditemukan dalam kolom komentar Tiktok @Kinderflix.idn dibandingkan kategori lainnya dan terdapat beberapa istilah dan makna tersirat dalam kata yang terdapat dalam komentar yang diunggah.

Keywords
Kekerasan verbal; seksual; interaksi simbolik
References

Andalibi, N., Haimson, O. L., Choudhury, M. De, & Forte, A. (2016). Understanding Social Media Disclosures of Sexual Abuse Through the Lenses of Support Seeking and Anonymity. ACM Digital Library. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/2858036.2858096

Bahri, K. (2017). DAMPAK FILM KARTUN TERHADAP TINGKAH LAKU ANAK (Studi Kasus pada Gampong Seukeum Bambong Kecamatan Delima Kabupaten Pidie). Ar Raniry Repository.

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7.

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BARU TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL ANAK DI KABUPATEN SUKOHARJO. Jurnal Penelitian Humaniora, 18.

Eviana, D. (2020). Wacana Sexual Harassment Dalam Komentar Ekspresi Seksual Perempuan Di Media Sosial ( Studi Kasus Jonatan Christie (2018)) [Thesis]. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21.

Fitri, R. (2015). Kitab Super Lengkap Eyd (ejaan Yang Disempurnakan ... .

Fitriani, A., & Hidayah, N. (2012). Kepekaan humor dengan DEPRESI Pada remaja ditinjau dari jenis kelamin. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal. https://doi.org/https://doi.org/10.26555/humanitas.v9i1.351

Hadiono, A. F. (2016). Komunikasi Antar Budaya (Kajian Tentang Komunikasi Antar Budaya Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi). Jurnal Darussalam, 8(1).

Kusumawati, T. I. (2016). KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, 17. https://onesearch.id/Author/Home?author=Lexi+J.+Moleong

Rustandi, R. (2019). Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam.

Saputra, M. N. (2016). Fenomena Komunikasi Mahasiswi Lesbian Label Butch di Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 3.

Virgistasari, A., & Irawan, A. D. (2022). Pelecehan Seksual Terhadap Korban Ditinjau dari Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021. Media of Law and Sharia.

Xie, Q. W., Qiao, D. P., & Wang, X. L. (2016). Parent-Involved Prevention of Child Sexual Abuse: A Qualitative Exploration of Parents’ Perceptions and Practices in Beijing. Journal of Child and Family Studies. https://ssdpp.bnu.edu.cn/asset/imsupload/up0522128001488641876.pdf

Zanki, H. A. (2020). TEORI PSIKOLOGI DAN SOSIAL PENDIDIKAN (TEORI INTERAKSI SIMBOLIK). Scolae: Journal of Pedagogy, 3.

Information
PDF
287 times PDF : 105 times