SISTEM INFORMASI PENCATATAN KELUHAN PELANGGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN UML (Studi Kasus : PT. Astra International Tbk. - Honda Sales Operation)

B. E. F Da Silva, Widiastuti Widiastuti

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah membangun sistem inforrnasi pencatatan keluhan pelanggan. Studi
kasus diarnbil di PT. Astra International Tbk., divisi operasional penjualan merek Honda. Aplikasi
dibangun menggunakan pendekatan UML Hasil akhir dari pemodelan sistem informasi pencatatan
keluhan pelanggan ini adalah rancangan entitas kelas yang dapat dipetakan ke dalam basis data
yang selanjutnya digunakan dalam pembuatan perangkat lunak aplikasi. Dengan adanya perangkat
lunak aplikasi, diharapkan dapat mengurangi keterlibatan manusia dalam melakukan pekerjaan yang
sifatnya berulang dan memperkecil kemungkinan lerjadinya kesalahan dalam waktu yang juga relatif
lebih cepat. Semua kegiatan yang lerkait mula; dari registrasi keluhan, perawatan, pengiriman
pemberitahuan, tindak lanjut dan berbagai proses lainnya yang menyangkut masalah pencatalan
keluhan pelanggan, dapat lebih cepat dan mudah dilakukan dengan adanya suatu sistem informasi
berbasis komputer.
Kata Kunci : pelaku, kasus pengguna, diagram kolaborasi, diagram urutan, diagram kelas, keluhan,
pelanggan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.