E-LEARNING : BELAJAR KEBUDAYAAN NUSANTARA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA

Derra S. Pratama, Parno Parno

Abstract


Perkembangan teknologi belakangan ini tumbuh begitu pesat, penggunaan
komputer sebagai alat bantu sangatlah dibutuhkan salahsatunya dalam menunjang
kegiatan belajar. Tulisan ini membahas tentang Aplikasi Elearning menggunakan
multimedia untuk mempelajari kebudayaan nusantara. Indonesia merupakan Negara
yang kaya akan kebudayaan sehingga sangatlah mungkin jika mengenalkannya
kepada peserta ajar menggunakan alternative media lain selain pembaelajaran
konvensional melaui buku, yaitu menggunakan konsep belajar elektronik (E-Learning)
menggunakan perangkat multimedia, bagaimana memadukan gambar, teks, suara,
animasi, dan video kedalam perangkat komputer untuk kemudian diproses dan diolah
sehingga menjadi suatu bentuk informasi yang ditampilkan secara menarik dan
bersifat edukatif. Aplikasi Pengenalan Budaya Indonesia ini berisikan beberapa
contoh kebudayaan dari 33 Provinsi di Indonesia, diantaranya adalah : tarian
tradisional, alat musik tradisional, rumah adat, senjata tradisional dan pakaian adat.
Aplikasi ini dibangun melalui beberapa tahapan diantaranya dengan pengumpulan
data mengenai kebudayaan nusantara, membuat struktur navigasi, membuat
rancangan tampilan dan mengimplentasi menggunakan adobe flash serta menguji
coba hingga terbentuk sebuah aplikasi yang siap dijalankan. Aplikasi ini diharapkan
dapat memberikan tampilan yang menarik serta memberikan kemudahan bagi
pengguna yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kebudayaan nusantara.

Full Text:

FULL PAPER