APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA

Angga Maulana, Wahyu Kusuma Raharja

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, komputer memiliki
banyak manfaat bagi manusia di berbagai bidang yaitu dalam bidang
informasi, edukasi, bisnis dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan
untuk membuat aplikasi media pembelajaran tentang tata surya. Saat
ini pembelajaran tata surya hanya bisa dipelajari dari buku, video,
internet ataupun datang langsung ke tempat yang mempelajari tentang
tata surya seperti Planetarium. Penelitian ini memanfaatkan teknologi
Augmented Reality (AR). AR sebagai penggabungan benda-benda
nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam
waktu nyata dan terdapat integrasi antarbenda dalam tiga dimensi
(3D). Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan
teknologi tampilan yang sesuai. Untuk pembuatan objek 3D digunakan
software 3DSMax sedangkan untuk membuat aplikasi digunakan
software ARSound. Aplikasi pembelajaran tata surya ini dibuat dalam
melalui tahap pembuatan objek 3D, perancangan aplikasi, dan
perancangan marker.

Full Text:

FULL PAPER