Kinerja Economic Value Added dan Market Value Added Berpengaruh Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Telekomunikasi

Agnesia Julie Puspita
Universitas Gunadarma
Indonesia
Desi Pujiati
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Saham telekomunikasi merupakan saham dari perusahaan telekomunikasi yang menawarkan produk dan jasa. Pentingnya return saham yang dihasilkan perusahaan Telekomunikasi untuk menunjukkan kualitas perusahaan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Economic Value Added (EVA) terhadap return saham dan Market Value Added (MVA) terhadap return saham perusahan Telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2018 – 2022 serta pengaruh kedua variabel tersebut secara bersamaan terhadap return saham. Metode penelitian menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan sektor telekomunikasi pada laporan keuangan tahunan yang diambil melalui website perusahaan dan Bursa Efek Indonesia. Tahap uji yang dilakukan adalah : uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t (parsial) dan uji determinasi R2. Pilihan Purposive sampling pada perusahaan Telekomunikasi dengan alat analisis linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kinerja EVA berpengaruh  terhadap tingkat return saham. kinerja MVA berpengaruh  terhadap tingkat return saham. Kinerja EVA dan MVA mampu menjelaskan tingkat return saham pada perusahaan Telekomunikasi selama periode 2018-2022 dengan prosentase 83,7%.

Keywords
Economic Value Added; Market Value Added; Return Saham
References

Abdillah, W. d. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Ed.1. Yogyakarta: ANDI.

Brigham, E. F. (2018). Dasar-Dasar Manajemen (Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, 2018) Keuangan. Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Joel, F. H., & E. F. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (Edisi 14). Jakarta : Salemba 4: Terjemahan oleh Novietha Indra Sallama dan Febriany Kusumastuti .

Cahyadi, H. d. (2016). Pengaruh Economic Value Added, Market Value Added, Residual Income, Earnings dan Arus Kas Operasi Terhadap Return Saham Studi Empiris pada Perusahaan LQ-45. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi.

Darmadji, T. d. (2012). Pasar Modal di Indonesia, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, I. A. (2019). Pengaruh Inflasi, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan pada Return Saham Perusahaan Terindeks LQ45. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Kesebelas). Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Ke dua belas. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kusuma, G. W. (2017). Manajemen Keuangan Lanjutan: Berbasis Corporate Value Creation. UPP STIM YKPN.

Kusuma, R. A. (2018). Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Jurnal Administrasi Bisnis.

Mohamad, S. (2015). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio, Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Sari, M. I. (2018). Mengukur Kinerja Keuangan Dengan EVA Dan MVA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis.

Soemarso. (2018). Akuntansi Suatu Pengantar.

Sofiatin, D. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuditas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Industri Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014-2018). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01, 47–57.

Suganda, T. R. (n.d.). Event Sudy: Teori dan Pembahasan Reaksi Pasar Modal. Malang: Seribu Bintang.

Suripto, D. (2015). Manajemen Keuangan: Strategi Penciptaan Nilai Perusahaan Melalui Pendekatan Economic Value Added. Edisi Ke-1. Bandung: Alfabeta.

Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal “Manajemen Portofolio dan Investasi”. Yogyakarta: PT. Kanisius: (G. Sudibyo (ed.)).

Wijaya, L. V. (2018). Pengaruh Cash Turnover, Receivable Turnover, dan Inventory Turnover Terhadap Return on asset Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 - 2015. Jurnal Akuntansi Maranatha.

Angelica, F. (2023). Investment Opportunity Set, Rasio Keuangan, Kepemilikan. E-Jurnal Akuntansi TSM.

Esli Sillahi, M. M. (2021). Pengaruh Economic Value Added Dan Market Value Added Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akutansi dan Keuangan.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hefrizal, M. (2018). Analisis Metode Economic Value Added Untuk Menilai Kinerja Keuangan PAda PT. Unilever Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis

Purba, P. (2022). Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan pada PT BNI (Persero) TBK. Jurnal Akuntansi Barelang.

Salman, M. A. (2023). Pengaruh economic value added (EVA) dan market value added (MVA) terhadap return saham (studi pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks Infobank15 tahun 2017 - 2021). Usakti.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widarjono, A. (2015). Statistika Terapan Edisi Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Information
PDF Tweet
35 times PDF : 20 times
Article Tools