Determinan dan Pengaruh Parktik Window Dressing Pada Perusahaan Sektor Teknologi di Indonesia

Mutiara Putri Dearni Saragih
Universitas Gunadarma
Indonesia
Feny Fidyah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Afrila Eki Pradita
Universitas Gunadarma
Indonesia
Astried Permanasari
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Window Dressing adalah sebuah tindakan perusahaan atau emiten untuk mempercantik laporan keuangannya diakhir tahun agar terlihat lebih menarik oleh investor dan para pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan dan pengaruh praktik window dressing pada perusahaan sektor teknologi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu mengumpulkan, menganalisis dan mengolah data. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel 14 perusahaan. Tenik analisis yang digunakan yaitu analisis paired sample T-test dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji beda tidak terdapat perbedaan antara kuartal I dengan kuartal IV, namun terdapat perbedaan antara kuartal II, III dengan kuartal IV. Pada uji parsial variabel kuartal I, II, dan III tidak berpengaruh terhadap window dressing, namun pada kuartal IV terdapat pengaruh terhadap window dressing.

Keywords
window dressing; sektor teknologi; T-test; regresi linear berganda
References

Aprilia, Shindy Virgin. 2016. Analisis Window Dressing pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. STIE Perbanas Surabaya.

Bestari, Widya Ayu. 2014. Analisis Window Dressing pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. Jurnal UMRAH

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Chandra, F. O., Sugiarto, B., & Biantara, D. 2022. Analisis window dressing pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2018-2020. Accounting Cycle Journal

Ghozali, Ilham. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang, Universitas Dipenogoro.

IAI. 2021. Kode Etik Akuntan Indonesia. Jakarta, Ikatan Akuntan Indonesia

Jensen, Michael dan William. 1976. Teori Perusahaan: Perilaku Manajerial, Biaya Keagenan dan Struktur Kepemilikan. New York: Modern Library.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lidya, Ilham dan Fredy. 2021. Pengaruh Window Dressing Terhadap Keputusan Investasi pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2016-2020). Jambi, Accounting Review.

Munawir, S. 2015. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Novi, Tia. 2022. Deteksi Window Dressing pada Industri Sektor Energi yang Terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah

Nuranda, D.2019. Analisis Praktik Window Dressing pada Perusahaan yang Terdaftar di LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Repository UB.

Rahmawati, H. 2018. Analisis Variabel Cash holdings, Financial leverage, Managerial ownership, dan Ukuran Perusahaan dalam Mendeteksi praktik Window dressing pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI periode 2013-2016. Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman.

Santoso, Singgih. 2016. Menguasai Statistik Dengan SPSS 25. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Setianingsih, Eva. 2019. Indikasi Praktek Window Dressing Berdasarkan Pengukuran Cash Holding pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi dan Bangunan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017.

Suganda,T. R. 2018. Event Sudy: Teori dan Pembahasan Reaksi Pasar Modal.Malang: Seribu Bintang.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2022. Metode Penlitian Kuantitatif Cetakan ke 3. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Supriyono, R. A. 2018. Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta: Gadjah Mada 72 University Press.

Widyatami, M. 2021. Analisis Window Dressing pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020.

Yusnita, H. 2015. Analisis Window Dressing Perusahaan Go Public Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi di Indonesia. Telaah Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman.

Information
PDF Tweet
33 times PDF : 15 times
Article Tools