Artikel Review: Penerapan Paired t-test pada Penelitian Farmasi

Anggun Rusfikadewi Cestya Nurba'id
Universitas Anwar Medika
Indonesia
Zumrotin Nafilah
Universitas Anwar Medika
Indonesia
Maria Magdalena
Universitas Anwar Medika
Indonesia
Hesti Khoirotun Nisyak
Universitas Anwar Medika
Indonesia
Sevi Lailatul
Universitas Anwar Medika
Indonesia
Rosalina Mutmainah
Universitas Anwar Medika
Indonesia
Ainul Ghurri
Universitas Anwar Medika
Indonesia
Laily Mita Andriana
Universitas Anwar Medika
Indonesia
Arista Wahyu Ningsih
Universitas Anwar Medika
Indonesia

Abstract

Uji paired sampel t-test merupakan salah satu metode pengujian yang digunakan untuk mengkaji keefektifan perlakuan yang ditandai dengan adanya perbedaan rata-rata sebelum dan rata-rata sesudah yang telah diberikan perlakuan. Tujuan dari artikel review ini adalah untuk mendiskusikan tentang penerapan metode paired t-test dalam penelitian farmasi. Penelitian farmasi sering kali melibatkan perbandingan hasil sebelum dan setelah intervensi pada kelompok pasien atau percobaan laboratorium. Metode uji paired t-test di susun menggunakan beberapa literatur riview jurnal di bidang ke farmasian yang relevan menggunakan metode uji paired t- test. Rentang waktu yang digunakan adalah 2016 - 2022 atau enam tahun terakhir. Pencarian jurnal ini menggunakan platform seperti google scholar, simetic scholar dengan beberapa kata kunci yaitu: paired t- test, uji paired t- test di bidang kefarmasian. Hasil yang di dapat pada artikel riview paired t- test ini ialah, untuk mengetahui perbedaan peningkatan pengetahuan yang signifikan pada kelompok intervensi (p = 0,000) dibandingkan kelompok kontrol dan dapat mengetahui sebelum dan sesudah diberikan perlakuan suatu penelitian dengan perbedaan yang bermakna. Kesimpulan yang di dapat dari artikel riview uji paired t- test adalah secara signifikan yaitu mempengaruhi atau mengalami perubahan yang signifikan.

Keywords
Paired T-Test, farmasi, penelitian farmasi , perbedaan signifikan.
References

Carey RM. Hypertension and Hormone Mechanisms. New Jersey, USA: Humana Press, 2007.

Katzung BG, Trevor AJ. Basic & Clinical Pharmacology. 13th ed. San Fransisco: Mc Graw Hill, 2016.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta, 2018.

U.S. Service Department of Health and Human. The Sevent Report of The Joint National Committee : Prevention , Detection , Evaluation , and Treatment of High Blood Pressure. USA: NIH Publication, 2004.

BPOM RI. Informatorium Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) di Masa Pandemi COVID-19. Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik, 2020.

Kurniawan A, Siswandono, Mumpuni E, et al. Studi Docking Molekuler dan Toksisitas Senyawa Bioaktif Fukoidan Rumput Laut Coklat yang Berpotensi Sebagai Antihipertensi Secara In Silico. Pharmacon J Farm Indones 2022; 19: 1–9.

Lee D, Yu JS, Huang P, et al. Identification of Anti-Inflammatory Compounds from Hawaiian Noni (Morinda citrifolia L.) Fruit Juice. Molecules 2020; 25: 1–12.

Institute for Health Metrics and Evaluation. Country Profile : Indonesia, http://www.healthdata.org/Indonesia (2019, accessed 7 February 2021).

Kemenkes RI. Hari Hipertensi Dunia 2019 : Know Your Number, Kendalikan Tekanan Darahmu dengan CERDIK. P2PTM Kemenkes RI, http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/dki-jakarta/hari-hipertensi-dunia-2019-know-your-number-kendalikan-tekanan-darahmu-dengan-cerdik (2019, accessed 12 February 2021).

Information
PDF
3 times PDF : 1 times