PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KETIDAKNYAMANAN TRIMESTER III PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI TPMB ISMI SANTI, S. ST DEPOK TAHUN 2023

Anis Arfia
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dwi Puji Astuti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Estu Lovita Pembayun
Universitas Gunadarma
Indonesia
Liana Elfaristo Ariani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Wanita selama kehamilannya memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam dirinya. Selama hamil tidak jarang ibu hamil mengalami ketidaknyamanan seperti sering buang air kecil 25%, bengkak pada kaki 15%, sesak nafas 10% dan sakit punggung 50%. Dari hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh media leaflet terhadap perubahan pengetahuan pada ibu hamil trimester III. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media leaflet terhadap peningkatan pengetahuan ketidaknyamanan trimester III pada ibu hamil trimester III di TPMB Ismi Santi, S. ST Depok Tahun 2023. Metode Penelitian: Quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 responden dengan teknik total sampling Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil Penelitian: menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan ketidaknyamanan trimester III pada ibu hamil trimester III sesudah diberikan media leaflet dengan nilai p-value 0,000. Kesimpulan: Adanya pengaruh penggunaan media leaflet terhadap peningkatan pengetahuan ketidaknyamanan trimester III pada ibu hamil trimester III.

Keywords
Ketidaknyamanan trimester III; pengetahuan; media leaflet; ibu hamil trimester III
References

Rahmawati NA, Rosyidah T, Marharani A. Hubungan Pelaksanaan Senam Hamil dengan Ketidaknyamanan Ibu Hamil Trimester III. J Involusi Kebidanan. 2018;7(12).

Usman A mayasari. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Penatalaksanaan Ispa Pada Balita Di Puskesmas Mambi Kabupaten Mamasa. Bina Gener J Kesehat. 2019;10(1).

Syamsiyah N. Pengaruh Media Leaflet Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Intensi Pemberian ASI Eksklusif pada ibu hamil di Wilayah Puskesmas Kecamatan Pesanggarahan Jakarta Selatan Tahun 2013. 2013.

Notoadmodjo S. METODELOGI PENELITIAN KESEHATAN. 2018.

Darsini D, Fahrurrozi F, Cahyono EA. Pengetahuan; Artikel Review. J Keperawatan. 2019;12(1).

Pinontoan, V & Tombokan SG. Hubungan Umur Ibu dan Paritas ibu dengan Kejadian Bayi berat Lahir Rendah. J Ilm Bidan. 2015;

Qudsiah, Chadlirotul S, Djarot HS, Nurjanah S. Hubungan antara paritas dan umur ibu dengan anemia pada ibu hamil trimester III 2012 (Studi Kasus di Puskesmas Bangetayu Kecamatan Genuk Kota Semarang). PhD Propos [Internet]. 2015;2(1). Available from: http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jur_bid/article/view/815/868

Anggarani, Subakti. Kupas Tuntas Seputar Kehamilan. AgroMedia; 2013.

Sukrillah U. Jurnal Keperawatan Mersi. J Keperawatan Mersi [Internet]. 2019;8(1). Available from: https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jkm/article/view/8143

Rachmawati AI, Puspitasari RD, Cania E. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kunjungan Antenatal Care ( ANC ) Ibu Hamil. Majority. 2017;7(1).

Sarwono. Psikologi Remaja. Jakarta : EGC; 2012.

Pusparina I, Maria I, Anggraini DT. Efektifitas Penggunaan Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Narkoba Di Smpn 5 Banjarbaru. J Keperawatan Suaka Insa. 2019;4(2).

Information
PDF
184 times PDF : 767 times
Article Tools