FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN RUPTUR PERINEUM PADA PERSALINAN PERVAGINAM

Ika Herlina
Universitas Gunadarma
Indonesia
Arini Kusmintarti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Kasyafiya Jayanti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sisilia Prima
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Robekan perinium adalah robekan alat genitalia wanita yang terjadi pada proses persalinan pervaginam, baik robek spontan maupun disengaja. Ada empat tingkatan robekan perineum. Robekan perineum yang luas dapat mengakibatkan perdarahan yang banyak, dan apa bila tidak ditangani dengan baik dapat meningkatkan angka kesakitan dan angka kematian ibu. Menurut Syamsiyah (2018) pada wanita yang melahirkan fisiologis pervaginam 85% mengalami ruptur perineum yang disebabkan oleh banyak faktor termasuk dari ibu, bayi dan penolong persalinan. Tujuan penelitian: untuk mengetahui Faktor apa saja yang berhubungan dengan kejadian ruptur perineum pada ibu bersalin pervagina di PMB J Tahun 2022. Metodologi: penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross  sectional. Data yang dipergunakan merupakan data sekunder yang diambil dari catatan catatan medik ibu yang melahirkan  di  PMB J pada bulan Januari sampai Desember 2022 sebanyak 183 responden. Teknik sampling yang di gunakan adalah total sampling dengan instrument penelitian menggunakan lembar bantu. uji statistik yang digunakan adalah Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95% dan diolah dengan kompperineumsasi. Hasil penelitian: menunjukan  bahwa tidak ada  hubungan  antara umur  ibu dengan  kejadian robekan  perineum dengan nilai  p=0,825, ada hubungan antara Paritas ibu dengan kejadian robekan perineum dengan nilai p = 0,010, ada hubungan antara berat bayi dengan kejadian robekan perienum dengan nilai p= 0,016. Kesimpulan: berat bayi lahir dan paritas merupakan salah satu faktor resiko terjadinya ruptur perineum
Keywords
Usia; Paritas; Berat Bayi Lahir; Ruptur Perineum
References

Candrayanti, L. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ruptur Perineum Pada Ibu Bersalin Normal di Rumah Sakit Bhayangkara Mappaouddang Makassar Tahun 2014. Journal of Islamic Medicine; 2019. 3(2), 9-16.

Elisa, S. N. E., & Yuniarti, S. Hubungan Paritas dengan Terjadinya Robekan Perineum Spontan pada Persalinan Normal.Jurnal Bidan; 2016, 2(2).

Rahayu, P. P, Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Ruptur Perineum Di Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta Tahun 2014. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2016; 1(2).

Mochtar Rustam. 2012. Sinopsis Obstetri Fisiologis dan Obstetri patofisiologi. Edisi 3Jilid I. Jakarta. EGC

Nikmah, K. Hubungan Antara Berat Badan Bayi Baru Lahir Pada Persalinan Fisiologis Dengan Kejadian Ruptur Perineum. Jurnal Midpro; 2018, 10(2), 28-33.

Nkwabong, E., Kouam, L., Orock, G., Takang, W., & Mve, K. V. S. Risk factors for perineal tears during delivery of singletons in cephalic presentation. International Journal of Gynecology & Obstetrics; 2013, 17.

Oktarina, M. Buku ajar asuhan kebidanan persalinan dan bayi baru lahir. Deepublish; 2015

Prawitasari, E., Yugistyowati, A., & Sari, D. K. Penyebab Terjadinya Ruptur Perineum pada Persalinan Normal di RSUD Muntilan Kabupaten; 2015

Rahayu, P. P. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Ruptur Perineum Di Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta Tahun 2014. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan; 2016, 11(2).

Rochmayanti, S. N., Ummah, K., & Keb, A. Pijat perineum selama masa kehamilan terhadap kejadian rupture perineum spontan. Jakad Media Publishing; 2019.

Setiowati, Hubungan Antara Paritas Dengan Kejadian Rupture Perineum, Jurnal Darul Azhar; 2017, Vol 4, No.1

Sigalingging, G., Ferdiyanti, F., & Asniar, A. Hubungan Senam Hamil dengan Lama Persalinan Kala II di RSIA Stela Maris Medan. Jurnal Darma Agung Husada; 2021, 8(1), 1-9.

Sigalingging, M., & Sikumbang, S. R. Faktor yang Berhubungan dengan Terjadinya Rupture Perineum pada Ibu Bersalin di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan. Jurnal Bidan Komunitas; 2018, 1(3), 161-171.

Buku Pintar Kehamilan dan Persalinan. Jakarta: PT. Gramedia; 2012

Syamsiyah dan Malinda, Determinan Kejadian Ruptur Perineum Di BPM E.N Surabaya , Jurnal Ilmiah Kesehatan; 2018, Vol 10 (2)

Tarelluan, J., Adam, S. K., & Tombokan, S. Analisis Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Ruptur Perineum Pada Persalinan Normal Di Rsud Dr. Sam Ratulangi Tondano Kabupaten Minahasa. JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan), 2013, 1(1), 36-41.

Information
PDF
194 times PDF : 380 times
Article Tools