PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO CONFERENCE TERHADAP PELAKSANAAN PERKULIAHAN BAGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA

Azkiyatun Nadroh
Harapan Bangsa University
Indonesia
Khoirun Nisa
Harapan Bangsa University
Indonesia
Retno Agus Setiawan
Harapan Bangsa University
Indonesia

Abstract

Kebijakan tentang pembelajaran online telah dihapus setelah pandemi COVID-19 mereda, tetapi banyak tenaga pendidik dan penyelenggara masih menggunakannya karena berbagai alasan, seperti fleksibilitas dan kebiasaan selama pandemi. Salah satu metode pembelajaran daring adalah dengan e-learning. Pembelajaran daring yang dilakukan menggunakan berbagai platform sebagai media perkuliahan jarak jauh, salah satunya adalah dengan video converence. Pembelajaran jarak jauh melalui media video conference memiliki banyak kelebihan dan kelemahan sebagai pengganti tatap muka. Tidak selalu pembelajaran jarak jauh menyenangkan dan menyenangkan bagi siswa. Banyak siswa menghadapi kesulitan untuk memahami pelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh penggunaan media video conference, seperti Zoom Meeting dan Microsoft Teams, terhadap perkuliahan mahasiswa di Universitas Harapan Bangsa Purwokerto. Penelitian ini dilakukan di Universitas Harapan Bangsa dengan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner untuk mendeskripsikan tanggapan responden. Pengolahan data dilakukan dengan Microsoft Excel, aplikasi spreadsheet dasar yang banyak digunakan untuk penghitungan dan pengolahan data penelitian. Uji realibilitas dan validitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media konferensi video memiliki dampak yang signifikan. Uji validitas menunjukkan bahwa dari 9 pernyataan, ada 6 yang valid dan 3 yang tidak valid, dan mereka memiliki nilai reliabilitas yang sangat tinggi, yaitu 0,837.

Keywords
Covid-19; E-Learning; Video Conference; Microsoft Teams; Zoom Meeting
References

S. Minhas, T. Hussain, A. Ghani, K. Sajid, and L. Pakistan, “Exploring Students Online Learning: a Study of Zoom Application,” Gazi Univ. J. Sci. , vol. 34, no. 2, pp. 171–178, 2021, doi: 10.35378/gujs.691705.

dan T.-R. I. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah,” kemdikbud.go.id, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

L. Sofyana and A. Rozaq, “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, p. 81, 2019, doi: 10.23887/janapati.v8i1.17204.

D. N. Fitriani, “PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERPUSTAKAAN NASIONAL RI,” PUSDIKLAT,2021.https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/83/pembelajaran-e-learning-pada-pusat-pendidikan-dan-pelatihan-perpustakaan-nasional-ri

F. H. Fuada, H. Sawiji, and Winarto, “APLIKASI VIDEO CONFERENCE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN,” J. Inf. dan Komun. Adm. Perkantoran, vol. Volume 6, No.4, pp. 121–132, 2022.

R. and Horak, “Telecommunications and Data Communications Handbook,” New York A John Wiley Sons, 2017.

and T. L. N. S. Chen, H. C. Ko, Kinshuk, “A model for synchronous learning using the Internet,” Innov. Educ. Teach. Int, vol. 42, no. 2, pp. 181–194, 2005, doi: https://doi.org/10.1080/14703290500062599.

W. Hassan, A. Ariffin, F. Ahmad, S. N. K. Rubani, and N. Zakaria,

“Students’ Perceptions of using Zoom Meet Webinar during Covid-19 Pandemic in Technical and Vocational Education,” J. Crit. Rev., vol. 7, no. 19, pp. 5853–5858, 2020.

A. Tiffanie, “Aplikasi Zoom Meeting.” https://babelprov.go.id/artikel_detil/aplikasi-zoom-meeting

H. Herminingsih, “Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Teams Meeting,” Sukma, vol. 5, no. 1, pp. 63–78, 2021.

W. Kuswandi, “Efektivitas Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Ikip Siliwangi Angkatan 2018,” Comm-Edu (Community Educ. Journal), vol. 4, no. 2, p. 76, 2021, doi: 10.22460/comm-edu.v4i2.7201.

F. Hikmah, “Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran Daring,” Intel. J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 103–108, 2022, doi: 10.33366/ilg.v4i2.2990.

K. N. Wea and A. Dua Kuki, “Students’ Perceptions of Using Microsoft Teams Application in Online Learning during the Covid-19 Pandemic,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1842, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1842/1/012016.

J. Monica and D. Fitriawati, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19.”

I. Fuady, M. A. S. Sutarjo, and E. Ernawati, “Analysis of Students’ Perceptions of Online Learning Media During the Covid-19 Pandemic (Study of E-learning Media: Zoom, Google Meet, Google Classroom, and LMS),” Randwick Int. Soc. Sci. J., vol. 2, no. 1, pp. 51–56, 2021, doi: 10.47175/rissj.v2i1.177.

H. Darmadi, Metode penelitian pendidikan dan sosial . Bandung, 2014.

Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan, 2013.

Information
PDF
96 times PDF : 46 times