PERANCANGAN GEOGRAPHIC SYSTEM INFORMATION WISATA DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT BERBASIS WEBSITE

Darsin Darsin
Universitas Megou Pak Tulang Bawang
Indonesia
Marco Guntur Triyoga
Universitas Megou Pak Tulang Bawang
Indonesia

Abstract

Geographic Information System Pariwisata adalah sistem informasi yang di bangun untuk memenuhi kebutuhan informasi wisatawan. Informasi dibedakan menjadi 2 yaitu lokasi wisata dan pemetaan lokasi wisata. Permasalahan penelitian ini adalah belum adanya informasi pariwisata berbasis website di Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk wisatawan lokal dan wisatawan internasional, kurangnya informasi mengenai keberadaan objek wisata. Tujuan dengan adanya percangan sistem informasi geografis pariwisata Kabupaten Tulang Bawang Barat menerapkan sistem informasi Geografis iwisata daerah Tulang Bawang Barat berbasis website sebagai media informasi online dan memudahkan dalam promosi, selain itu juga dapat meningkatkan pendapatan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang ada di wilayah tersebut. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui, studi Pustaka, wawancara, dan observasi membangun database dengan mysql, merancang antar muka dengan php, tahap akhir pembuatan yaitu melakukan pengujian program sistem informasi geografis wisata berbasis website. Hasil perancangan berupa sistem informasi geografis wisata berbasis website dapat menjadi salah satu media informasi yang bisa mempromosikan wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Keywords
Kabupaten Tulang Bawang Barat; Geografis; Sistem Informasi; Wisata
References

M.Natsir, "Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Tourism Pada DKI Jakarta Berbasis Android.," Vols. 12, no.1, pp.18-26, pp. 18-26, 2019.

M. Y.D.Wijaya, "Sistem Informasi Penjualan Tiket Berbasis Web Mengunakan Metode Waterfall," pp. 273-276, 2019.

M. R. J. R. M. Moh Sofjan, ""Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Pariwisata di Wilayah Kota Bogor Berbasis Web"," Vols. Vol.2,No.2, 2020.

T. H. Zaim Mukaffi, ""DampakSektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Banyuwangi"," Vols. Vol.3,No.1, pp. pp.38-43, 2021.

R. S. a. B. A. S. C. M. Lengkong, "“Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web di Kabupaten Minahasa"," pp. 15-20, 2019.

S. A. E. M. M. Attanggo, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Penjualan Pakaian," vol. 6, pp. 106-113, 2021.

R. G. Didik Tristianto, ""Sistem Informasi Geografi Berbasis Web Untuk Pemetaan Pariwisata Di Kota Dili"," Vols. Vol.3,No.2, pp. 68-73, 2022.

N. M. Arliyana, ""PUSAT INFORMASI PANDUAN PARIWISATA DI KALIMANTAN TENGAH MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)"," Vols. Vol.8,No.1, pp. 1-10, 2019.

E. P. C. S.Utarki, ""Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Pada Taman Nasional Gunung Ciremai Jawa Barat"," vol. 6, pp. 19-32, 2020.

W. E. F. S. Nur Alamsyah, ""Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Berbasis Website Untuk Pemetaan Objek Wisata Pada Dinas Kebudayaan Dan PariwisataPada Kota Bandung"," Vols. Vol. 4,No. 1, 2021.

A. R. M. H. T. N. E. G. P. Anwardi, ""Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall"," Vols. Vol.7,No.1, 2020.

R. S. Setiaji, ""Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan"," Vols. Vol.7,No.1, 2021.

A. E.N.Rizaly, ""Perkembangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Potensi Daerah Kabupaten Dompu"," vol. 1, pp. 29-38, 2021.

S. H. D. Yuri Rahmanto, ""PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBUDAYAAN LAMPUNG BERBASIS MOBILE"," Vols. Vol. 1, No. 3, pp. pp. 19-25, 2020.

E. A. Surya Hendra Putra, ""Penerapan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Pengembangan Pariwisata pada Kabupaten Langkat"," Vols. Vol.5,No.1, 2020.

Information
PDF
270 times PDF : 148 times