DISTRIBUSI JARINGAN PUBLIK MENGGUNAKAN ROUTING OSPF DENGAN METODE REDISTRIBUSI INFRASTRUKTUR TERPUSAT

Alfa Farhan Syarief
https://alfafarhans.blogspot.com/
Universitas Mercu Buana
Indonesia
Dwi Anindyani Rochmah
Universitas Mercu Buana
Indonesia

Abstract

Internet Service Provider atau yang lebih di kenal ISP adalah suatu badan usaha yang mengelola layanan jaringan internet. Dalam menyediakan layanan internet, beberapa ISP belum cukup handal dalam menyediakan infrastruktur jaringan yang baik. Hal ini dikarenakan infrastruktur masih terbatas pada area cakupan tertentu dan tidak adanya manajemen sentralisasi untuk pusat distribusi. Penelitian ini dilakukan untuk membuat perancangan infrastruktur jaringan baru untuk di implementasikan dengan menggunakan model jaringan distribusi jaringan publik secara terpusat. Penelitian ini menggunakan teknologi routing dinamik OSPF dengan metode redistribusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan jaringan yang berdampak pada infrastruktur jaringan yang lebih luas dan fleksibel, stabil dan tidak menurunnya performa jaringan serta efisiensi biaya operasional maupun efisiensi penggunaan ip publik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa distribusi jaringan menggunakan routing OSPF dengan metode redistribusi berhasil di implementasikan sehingga membuat infrastruktur jaringan menjadi lebih handal serta menunjukan tingkat latensi yang normal tanpa adanya pengurangan dengan rata-rata nilai latency sebesar 1ms.

Keywords
Network Design; OSPF Routing; Redistribution
References

R. Rachmawati, E. Ramadhan, and A. A. Rohmah, “Aplikasi Smart Province ‘Jogja Istimewa’: Penyediaan Informasi Terintegrasi dan Pemanfaatannya,” Maj. Geogr. Indones., vol. 32, 2018.

A. Y. Kodoatie and H. Sama, “Studi Analisis Kecepatan Internet Telkomsel di Kota Batam: Sudi Geografis,” Conf. Business, Soc. Sci. Innov. Technol., vol. 1, 2020.

M. Ryansyah and R. O. Nitra, “Penerapan Local Loop Sebagai Efisiensi Biaya Koneksi Antar Lintas Wilayah Dengan Metode Berbagi Internet Menggunakan Mikrotik,” J. AKRAB JUARA, vol. 4, 2019.

A. Z. Al Ghivani, “Studi Perbandingan Routing Protokol BGP Dan EIGRP, Evaluasi Kinerja Performansi Pada Autonomous System Berbeda,” J. Sist., vol. 7, no. 2, pp. 95–105, 2018.

M. Waseel and J. Arora, “Improvment of Convergence Delay in OSPF by Using Backup Path Technique,” Dogo Rangsang Res. J., vol. 11, no. 01, 2021.

O. K. Sulaiman and M. Ihwani, “Analisis Perbandingan Penggunaan Metric Cost dan Bandwidth Pada Routing Protocol OSPF,” J. Penlitian Tek. Inform., vol. 1, 2017.

W. S. Sihombing, I. Faisal, and K. Chiuloto, “Penerapan Routing Border Gateway Procotol Pada Jaringan Multi Autonomous System,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun., 2020.

H. A. Musril, “Simulasi Interkoneksi Antara Autonomous System (As) Menggunakan Border Gateway Protocol (Bgp),” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2017, doi: 10.30743/infotekjar.v2i1.151.

D. Prabaningrum and V. Juwono, “Tata Kelola Kebijakan Pengelolaan Nomor Protokol Internet di Indonesia Sebuah Tinjauan Literatur,” Spirit Publik J. Adm. Publik, vol. 15, 2020.

C. Mukmin and E. S. Negara, “Analisis Kinerja Redistribusi Routing Protokol Dinamik,” Kumpul. Jurnal, Ilmu Komput., vol. 06, 2019.

H. A. Musril, “Penerapan Open Shortest Path First (OSPF) untuk Menentukan Jalur Terbaik dalam Jaringan,” J. Elektro Telekomun. Terap., 2017.

T. Ernawati and J. Endrawan, “Peningkatan Kinerja Jaringan Komputer dengan Border Gateway Protocol (BGP) dan Dynamic Routing (Studi Kasus PT Estiko Ramanda),” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, p. 35, 2018, doi: 10.23917/khif.v4i1.5656.

S. Alvionita and H. Nurwasito, “Analisis Kinerja Protokol Routing OSPF, RIP dan EIGRP pada Topology Jaringan Mesh,” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, p. 6, 2019.

A. P. N. Permana and R. Firmansyah, “Distribusi Jaringan Menggunakan Routing Ospf Dengan Metode Redistribution,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 519–532, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.2030.

Information
PDF
410 times PDF : 1302 times