APLIKASI BANYUMAS PANTAU WARGA GUNA MENDATA WARGA ORANG DALAM PANTAUAN (ODP) BERBASIS ANDROID DI KABUPATEN BANYUMAS

Abdul Azis
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto
Indonesia
Riyanto Riyanto
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto
Indonesia
Trian Damai
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto
Indonesia

Abstract

COVID 19 merupakan virus yang penyebarannya sangat cepat di Indonesia data terbaru yang dikutip pada Hari Minggu, tanggal 12 April 2020 Menunjukan Populasi Masyarakat yang terkena ( Positif ) Virus Corona adalah 3.842 Orang, data dalam perawatan sebanyak 3.229 Orang, data Masyarakat yang sembuh sebanyak 286 Orang dan Data Masyarakat yang meninggal sebanyak 327 orang. Provinsi Jawa tengah memiliki ODP sebanyak 20.538 orang dan  Kabupaten  Banyumas memiliki ODP sebanyak  1.766 orang, ini dikarenakan banyak pemudik yang mencari nafkah di DKI Jakarta atau Kota Lainnya dan pulang dari tempat kerja mereka sehingga virus Covid 19 menyebar cepat di Provinsi Jawa Tengah dan menyebar juga di Kabupaten Banyumas. Dari data ODP diatas pemerintah banyumas berdiskusi dengan peneliti selaku akademisi dalam bidang Mobile (Android), dan telah diputuskan hasil diskusi tersebut adalah sebuah strategi agar data ODP dapat dipantau secara kondusif dan terarah. Strateginya adalah dengan melakukan pendataan warga desa di Setiap Kelurahan/Desa dengan membentuk Tim khusus (ASN) yaitu Tim Koordinator, Tim Pemantau. Serta Tim Dinas Kesehatan (DINKES) dan Tim Dinas Sosial (DINSOS) yang di pantau langsung menggunakan Smatphone Andorid.

Keywords
Covid19; Banyumas, ODP, Android
References

M. A. Nasir, “Imunitas UMKM Di Tengah Pandemi,” Universitas Jember, 2020.

M. J. Irgo and R. A. Tjiptanata, “Prototype Aplikasi Pelacak ODP/PDP Berbasis Android,” J. Gunadarma, vol. 1, 2020.

A. T. P. A. Zulfikri, “Sistem Monitoring ODP dan PDP COVID-19 di Gugus Tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti Berbasis Android,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 2, 2020.

A. Nur, A. Thohari, and A. B. Vernandez, “Aplikasi Monitoring Kasus Coronavirus Berbasis Android,” Jurnal Tek. Elektro Terapan, Vo. 19 Mo. 1, 2020.

M. Amaliyah, H. Tanuwijaya, T. Wurijanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Layanan Pasien Berbasis Web Pada Klinik Paradise Surabaya,” Jurnal JSIKA, vol 6 No. 3, 2017.

T. Hesterberg, “Bootstrap,” Wiley Interdiscip. Rev. Comput. Stat., 2011.

R. Abdulloh, “Easy & Simple Web Programming,” Jakarta PT Elex Media Komputindo, p. 227, 2016.

Ponidi and S. Fitrajaya, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada Kecamatan Gadingrejo,” Jurnal Technology Acceptance Model, vol 4, 2015.

C. Shah, “MySQL,” in A Hands-On Introduction to Data Science, 2020.

I. Ismanto, F. Hidayah, and K. Charisma, “Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN) (Studi Kasus Unit Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2KM) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar),” Briliant Jurnal Riset dan Konseptual, vol 5 no. 1, 2020.

Information
PDF
664 times PDF : 436 times