KEAMANAN EMAIL MENGGUNAKAN METODE PRETTY GOOD PRIVACY DENGAN ALGORITMA RSA

Ridwan Ighfirlana Ananda
Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional
Indonesia
Fauziah Fauziah
Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional
Indonesia
Nur Hayati
Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional
Indonesia

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi di era sekarang, semua orang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan menggunakan layanan surat menyurat elektronik yang dinamakan email. Email mampu berkomunikasi antar pengguna ke pengguna lainnya melalui internet. Saat berkomunikasi tidak jarang memasukan data yang bersifat rahasia dan dapat dengan mudah diambil oleh orang lain jika tidak memiliki keamanan yang cukup pada email. Maka dibutuhkan proses enkripsi (penyandian pesan) untuk menjaga data saat proses pengirimannya. Penelitian ini menggunakan metode PGP (Pretty Good Privacy) dengan menggunakan algoritma RSA (asimetris) yaitu sebuah algoritma yang mampu menghasilkan sepasang kunci (public dan private) untuk proses enkripsi dan dekripsi. Pada pengujian dengan menggunakan 8 data yang di enkripsi dan dikirim secara acak ke beberapa user, menunjukan hasil informasi data yang telah berubah dari segi size file dan hash yang dilakukan dengan menggunakan MD5. Dari hasil pengujian data yang telah di enkripsi menggunakan algoritma RSA dengan Pretty Good Privacy, dengan format .TXT menunjukan perbedaan size file. Dengan size file data asli 7,402 Bytes dan size file yang di enkripsi menjadi 7,777 Bytes.

Keywords
Enkripsi; Email; Metode Pretty Good Privacy; RSA
References

A. P. Wahyadyatmika, R. R. Isnanto, and M. Somantri, “Implementasi Algoritma Kriptografi Rsa Pada Surat Elektronik (E-Mail),” Transient, vol. 3, no. 4, Des., pp. 443-450, 2014.

J. Manurung, K. Sirait, and J. F. Panggabean, “Penerapan Algoritma RSA untuk Pengamanan File,” Jurnal Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, Des., pp. 112-116, 2018.

D. P. Hostiadi, and I. B. Suradarma, “Implementasi Pengamanan PGP pada Platform Zimbra Mail Server,” Lontar Komputer, vol. 8, no. 1, Apr., pp. 41-52, 2017.

A. A. J. SinlaE, E. Ngaga, and S. D. B. Mau, “Rancang Bangun Kriptosistem untuk Pengamanan Data-data Digital,” Jurnal Maklumatika, vol. 5, no. 1, Jul., pp. 64-75, 2018.

A. Setiawan, “Implementasi Teknik Pretty Good Privacy (PGP) Pada Mail Server Zimbra Dengan Metode Enkripsi Untuk Keamanan Data Email Pada Data Center IAIN Syekh Nurjati Kota Cirebon,” Jurnal ICT: Information Communication & Technology, vol. 17, no. 2, Des., pp. 60-64, 2018.

A. Ginting, R. R. Isnanto, and I. P. Windasari, “Implementasi Algoritma Kriptografi RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Email,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 3, no. 2, Apr., pp. 253-258, 2015.

M. I. Zulfikar, G. Abdillah, and A. Komarudin, “Kriptografi untuk Keamanan Pengiriman Email Menggunakan Blowfish dan Rivest Shamir Adleman (RSA),” In Proc. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi ’03, 2019, pp. 19-26.

Pahrizal, and D. Pratama, “Implementasi AlgoritmA RSA untuk Pengamanan Data Berbentuk Teks,” Jurnal Pseudocode, vol. 3, no. 1, Feb., pp. 44-49, 2016.

M. Ihwani, “Model Keamanan Informasi Berbasis Digital Signature dengan Algoritma RSA,” Journal Of Computer Engineering System And Science, vol. 1, no. 1, Jan., pp. 15-20, 2016.

N. Iriadi, “Analisis Keamanan E-Mail Menggunakan Pretty Good Privacy,” Paradigma, vol. 13, no. 1, Mar., pp. 30-43, 2011.

Information
PDF
1576 times PDF : 2053 times