IMPLEMENTASI HIGH AVAILABILITY UNTUK PENGURANGAN WAKTU DOWNTIME PADA JARINGAN DENGAN PROTOKOL HIGH AVAILABILITY FIRST HOP REDUDANCY PROTOCOL (FHRP)

Rodiah Rodiah
https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=56784387700
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Banyaknya transaksi di bidang perbankan seperti E-Banking, M-Banking dan SMS-Banking secara terus menerus dan dapat seringkali menyebabkan overload pada salah satu jaringan koneksi yang berujung pada terputusnya koneksi jaringan. Pada jaringan komputer dengan fasilitas-fasilitas perbankan pertu adanya sebuah protokol yang dapat membuat jalur “cadangan” sebagai jalur yang beroperasi dan mengambil alih jalur utama apabila terjadi kesalahan atau kegagalan pada jalur yang ditetapkan sebagai jalur utama. Implementasi protokol high availability atau selalu adanya ketersediaan dalam jaringan komputer pada penyedia jasa perbankan dapat selalu terjamin. Tahapan proses dimulai dengan perencanaan konsep topologi jaringan komputer, perancangan topologi jaringan komputer, cara dan penerapan protokol FHRP hingga ke teknik konfigurasi dan simulasinya. Hasil ujicoba menunjukkan HSRP proses backup berangsur lebih cepat akan tetapi tidak adanya pemberitahuan dalam pergantian jalur. Protokol HSRP ini pun hanya dapat digunakan pada router Cisco. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menemukan karakteristik dari protokol FHRP, menemukan kelebihan dan kekurangan dalam protokol FHRP serta memberikan saran dan masukkan bagi penyedia fasilitas perbankan untuk koneksi jaringan yang tentunya lebih baik.

Keywords
FHRP; High Availability; Jaringan; Protokol; Simulasi
References

S. K. Batumalai, J. N. G. P. Soon, C. P. Yin, W. S. Wan, P. K. Yuen, dan L. E. Heng, “IP redundancy and load balancing with gateway load balancing protocol,” International Journal of Scientific Engineering and Technology, vol. 4, no. 3, Mar., hal. 218-222, 2015.

Sukmaaji, T. A. Prabawati, dan Rianto, Jaringan Komputer: Konsep Dasar Pengembangan Jaringan & Keamanan Jringan. Jogjakarta: Andi Offset, 2008.

S. Tanembaum, Jaringan Komputer. Jakarta: Salemba Teknika, 1993.

P. T. Pribadi, “Implementasi High-Availability VPN Client pada jaringan komputer Fakultas Hukum Universitas Udayana,” Jurnal Ilmu Komputer, vol. 6, no. 1, Apr., 17-24, 2013.

A. I. Harsapranata, “Implementasi Fail Over menggunakan jaringan VPN dan Metronet pada Astridogroup Indonesia,” Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer, 4, no.13, hal. 69-77, 2015.

A. J. Mahdi dan A. A. Hussain, “Simulation of High Availability Internet Service Provider's Network,” Iraqi Journal of Computers, Communication, Control & Systems Engineering, vol. 13, n 1, hal. 18-31, 2013.

F. Shahriar, S. Newaz, S. Z. Rashid, dan M. Rahman, “Designing a reliable and redundant network for multiple VLANs with Spanning Tree Protocol (STP) and Fast Hop Redundancy Protocol (FHRP),” Dalam Preceedings International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 2018, hal. 534-540.

Irfani, “Implementasi High Availability Server dengan teknik Failover Virtual Computer Cluster,” Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia, 2015.

Information
PDF
963 times PDF : 768 times