AUTOMASI WEBSITE BROWSER UNTUK MELAKUKAN AUTOLOGIN KE DALAM CAPTIVE PORTAL

I Made Edy Listartha
Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha
Indonesia

Abstract
Penggunaan captive portal dalam sekuriti jaringan komputer menuntut pengguna untuk selalu melakukan registasi pada halaman hotspot saat diperlukan. Penelitian ini menanfaatkan website browser lynx berbasis teks sebagai sarana untuk melakukan registrasi pada captive portal yang di automasi dengan script yang berisi username dan password pengguna. Perangkat penelitiannya sendiri menggunakan software simulasi yang menjalankan RouterOS mikrotik dan linux sebagai pengguna. Mikrotik dibangun sebagai captive portal dengan menggunaan setup wizard dengan konfigurasi IP 192.168.200.1/24, menjalankan fungsi DHCP Server pada sebuah interface1 yang terhubung langsung dengan OS Linux pengguna sehingga mendapatkan IP melalui DHCP Client. Halaman captive portal terbentuk pada alamat http://test.mikrotik.local dengan tampilan standar. Perekaman proses login melalui browser lynx dilakukan untuk mendapatkan script proses login dan digunakan untuk proses automasi login. Pengujian dilakukan dengan menjalankan perintah cmd_script berisi rekaman proses login dan menghapus sesi login pada mikrotik setelah berhasil untuk pengujian selanjutnya. Pengujian dilakukan sebanyak 20 kali dengan hasil tanpa adanya kegagalan jika tidak terdapat gangguan oleh pengguna maupun sistem saat proses automasi berjalan.
Keywords
Automasi Komputer; Captive Portal; Mikrotik Hotspot; Hotspot Autologin
References

H. Yutanto, “Penerapan model promosi berbasis website captive portal hotspot dengan manajemen terpusat,” Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 8, no. 1, Apr., hal. 49-56, 2018.

C. Nainggolan dan S. D. Putra, “Penggunaan teknologi router mikrotik dalam menunjang jaringan hotspot dan voucher hotspot pada Warnet BNET,” Journal of Information System, Informatics and Computing, vol. 2, no. 1, hal. 57-67, 2018.

W. Adhiwibowo dan W. Mindatama, “Implementasi sistem voucher dengan router mikrotik,” Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, vol. 15, no. 2, hal. 118–123, 2019.

I. K. J. Arta dan N. B. S. Nugraha, “Implementasi aplikasi user management hotspot mikrotik PHP dengan Application Programming Interface (API) dan Framework Bootstrap,” Jurnal Rekayasa Sistem Komputer (Resistor), vol. 3, no. 1, Apr., hal. 66-71, 2020.

M. D. L. Siahan, M. S. Panjaitan, dan A. P. U. Siahaan, “MikroTik bandwidth management to gain the users prosperity prevalent,” International Journal of Engineering Trends and Technology, vol. 42, no. 5, Des., hal. 218-222, 2016.

F. Nugraha, “Analisis keamanan wireless LAN pada jaringan dengan autentikasi captive portal,” Jurnal Buffer Informatika, vol. 5, no. 1, Apr., hal. 16-22, 2019.

A. Dabrowski, G. Merzdovnik, N. Kommenda, dan E. Weippl, “Browser history stealing with captive Wi-Fi portals,” Dalam Prosiding 2016 IEEE Security and Privacy Workshops, 2016, hal. 234-240.

I. Sofana, Jaringan komputer berbasis MikroTik, Bandung: Informatika, 2017.

E. Wahyudi dan M. M. Efendi, “Wireless penetration testing method to analyze WPA2-PSK system security and captive portal,” Jurnal Explore STMIK Mataram, vol. 9, no. 1, hal. 1-7, 2019.

M. Khadilkar, N. Feamster, M. Sanders, dan R. Clark, “Usage-based DHCP lease time optimization,” Dalam Proceedings of the ACM SIGCOMM Internet Measurement Conference, 2007, hal. 71-76.

Information
PDF
584 times PDF : 1547 times