ANALISIS KEPERCAYAAN MERK APLIKASI GOJEK DARI PERSPEKTIF MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE MTAM

Tissa Maharani
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia
Ardiprawiro Ardiprawiro
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Sistem informasi adalah salah satu bentuk teknologi informasi yang terintegrasi ke berbagai bidang yang menyangkut hidup orang banyak, misalnya bidang jasa transportasi. Aplikasi Gojek merupakan salah satu sistem informasi yang bergerak dalam bidang jasa transportasi. Penelitian ini mencoba menganalisis apakah kemudahan dalam penggunaan sistem informasi aplikasi Gojek berpengaruh terhadap kepercayaan merk Gojek dari perspektif mahasiswa sebagai pengguna. Metode yang digunakan adalah Modified Technology Acceptance Model (MTAM), dengan menggunakan Perceived Ease Of Use (PEOU) dari TAM, dan Service Quality, Brand Image serta Brand Trust sebagai modifikasi. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan dikalangan mahasiswa pengguna aplikasi GoJek. Pengolahan data kuesioner 92 responden dilakukan menggunakan metode analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen (perceived ease of use, service quality, brand image) secara simultan berpengaruh signifikan positif terhadap variabel dependen (brand trust), sebesar 52,3%. Sementara secara parsial, variabel independen service quality dan brand image berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen brand trust, sedangkan variabel independen perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (brand trust). Sehingga dapat disimpulkan bahwa, kemudahan dalam penggunaan sistem informasi aplikasi Gojek tidak terlalu mempengaruhi kepercayaan mahasiswa terhadap merk

Keywords
Brand Image; Brand Trust; Modified Technology Acceptance Model; Perceived of Use; Service Quality
References

P. Parasuraman, V. A, Zeithaml, and L.L, Berry, “SERVQUAL : A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality” Journal of Retailing, vol. 64, no.1, Spring, 1988.

S. K Jain and G. Gupta, “Measuring service quality : SERVQUAL vs SERVPERF scales“ Vikalpa : The Journal for Decision Makers, vol. 29, no. 2, Apr-June 2004.

H. Subagio and R. Saputra, “Pengaruh Perceived Service, Perceived Value, Satisfaction, dan Image terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus Garuda Indonesia)”, Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 7, no.1, April, 2012.

P. Kotler, H. Kertajaya and I. Setiawan, Mulai dari produk ke pelanggan ke human spririt marketing 3.0. Jakarta : Erlangga, 2010

Ballester, Elena-Delgado, “Development and validation of a brand trust scale”, International Journal of Market Research, vol. 45, no. 1, page 35-36, Jan. 2003.

G. Lau and S.H, Lee, “Consumer’s trust in a brand and the link to brand loyalty” Journal of Market Focused Management, vol. 4, page 341-370, 2000

A. Chaudhuri and M.B, Holbrook, “The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance : The role of brand royalty”, Journal of Marketing, vol. 65, no.2, page 81-93, Apr. 2001.

D. Andriani, “Jumlah pengguna aktif Gojek di Indonesia setara dengan aplikasi ride-sharing terbesar dunia”, ekonomi.bisnis.com, Aug. 29, 2019. [Online]. Available : https://ekonomi.bisnis.com/read/20190829/98/1141953/jumlah-pengguna-aktif-gojek-di-indonesia-setara-dengan-aplikasi-ride-sharing-terbesar-dunia. [Accessed Oct. 13, 2020]

K.V, Natalia, Analisis perbandingan persepsi kualitas pelayanan, harga dan kepuasan konsumen Gojek dan Grab, Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 2018.

Suryono, R. Ismiyanti and I.M Sukresna, Pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pemakaian ulang melalui kepercayaan serta citra merek (Studi pada pengguna Gojek di Semarang), Thesis, Fakultas Ekonomika & Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang, 2019.

A.A Hanggono, S.R Handayani and H. Susilo, “Analisis atas praktek TAM dalam mendukung bisnis online dengan jejaring sosial Instagram” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 26, no. 1, September, 2015.

M. R, Setiawan, Analisis pengaruh Service Quality dan Perceived Usefullnes terhadap Brand Image serta dampaknya pada Brand Trust, Studi kasus Go-Jek di DKI Jakarta. Skripsi, Jurusan Manajemen, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2016.

R, Tanamal, “Analisis faktor yang paling berpengaruh pada keinginan menggunakan aplikasi Grab di kota Surabaya”. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, Oktober, 2017.

I. Mahendra, and N. Septiany, “Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam penggunaan aplikasi Grab, Studi kasus : Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Jakarta” Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, vol. 4, no. 1, Agustus, 2018.

A. Hidayat, “F tabel lengkap beserta cara mencari dan membacanya”, statistikian.com, Dec. 8, 2017. [Online]. Available : https://1drv.ms/x/s!AgzKPJBkF_DdhxZSVRF5eCn1GFEl. [Accessed Feb. 6, 2020]

Information
PDF
813 times PDF : 272 times