ROBOT EDUKASI PERTANIAN AGROBOT-I: RANCANGAN ELEKTRONIKA DAN SISTEM PENGGERAK

Yogi Permadi
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia
Sandy Suryo Prayogo
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia
Tubagus Maulana Kusuma
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Berkurang peminat generasi muda terhadap pertanian konvensional berdampak pada penurunan ketersediaan pangan, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka teknologi otomasi dibidang pertanian perlu dikembangkan selain untuk mempermudah juga untuk meningkatkat minat generasi penerus pertanian di Indonesia. Pada penelitian ini dirancang dan dibangun sebuah prototipe robot pertanian untuk keperluan edukasi dan penelitian dalam hal otomasi tanam dan panen tanaman padi yang diberi nama Agrobot-I. Robot ini dapat bergerak medan tanah lahan pertanian untuk melakukan proses tanam, perawatan tanaman dari gangguan gulma dan proses panen tanaman padi yang dilengkapi dengan mekanik gripper yang menyerupai lengan sebagai alat bantu untuk melakukan ketiga pekerjaan tersebut. Robot yang memiliki tujuan utama untuk sarana edukasi dan pengenalan terhadap aplikasi teknologi pada bidang pertanian ini diharapkan dapat memberikan gambaran proses pertanian yang sesungguhnya, meskipun hanya dalam bentuk simulasi di lingkungan buatan. Pengujian dilakukan terhadap fungsi masing-masing sistem penggerak yang dikendalikan menggunakan mikrokontroller Arduino dari pergerakan motor DC yang menggunakan sistem differensial drive. Pengujian terhadap lengan robot dari peneumatik untuk menaik turunkan lengan, pengujian cartesian untuk sb-x dan sb-y dari lengan, dan juga lengan itu sendiri yang menggunakan motor servo. Hasil pengujian terhadap fungsi robot secara keseluruhan telah berhasil dilakukan, yaitu dari proses tanam, pencabutan gulma, dan panen.

Keywords
Arduino; Otomasi; Pertanian; Robot; Sistem Penggerak
References

Sulaeman, “merdeka.com,” Surya Citra Media, 11 February 2020. [Online]. Available:https://www.merdeka.com/uang/pengamat-ungkap-penyebab-teknologi-di-industri-pertanian-tertinggal.html. [Diakses 1 June 2020].

G.Z Yang, T. Duckett, S. Pearson, S. Blackmore dan B. Grieve, “Agricultural Robotics: The Future of Robotics AGriculture,” UK-RAS Robotics and Autonomous System White papers, ISSN 2398-4414, 2018.

B. L. Steward, J. Gai dan L. Tang, “The use of agricultural robots in weed management and control,” Agricultural and Bio system Engineering Publication, 2019.

A. R. Septiadi dan S. Amri, “Rancang Bangun dan Analisa Robot Tematik Simulasi Pertanian dengan Kendali Wireless,” Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia dan Jaringan, vol. 4, p. 1, 2019.

A. Z. Arifin dan Subehan, “Simulasi Pengendalian Gerak Robot Mobil Berpenggerak Differensial Dengan Metode , Tracking Control Berbasis Proportional Derivative,” Jurnal Teknik POMITS, vol. 1, pp. 1-6, 2012.

C. Delgado-Mata, R. Valazquez dan C. A. Gutierrez, “A Differential-Drive Mobile Robot Driven by an Ethology Inspired Behaviour Architecture,” The 2012 Iberoamerican Conference on Electronics Engineering and Computer Science, pp. 157-166, 2012.

Suroso, Sujatno dan R. G. Tambati, “Rancang Bangun Sistem Mekanik Dua Axis Berbasis Kendali Arduino Untuk Peraga Praktikum,” Seminar Nasional XI SDM Teknilogi Nuklir, 2015.

M. Subhan dan A. Satmoko, “Penentuan Dimensi Dan Spesifikasi Silinder Pneumatik Untuk Pergerakan Tote Iradiator Gamma Multiguna Batan,” Jurnal Perangkat Nuklir, vol. 10, p. 2, 2016.

T. Citradi dan A. Gunawan, “Pak Syahrul, Usul 4 Langkah untuk Mendongkrak Pertanian RI,” CNBC Indonesia, 26 October 2019. [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com/news/20191025194550-4-110303/pak-syahrul-usul-4-langkah-untuk-mendongkrak-pertanian-ri/2. [Diakses 28 April 2020].

Information
PDF
2056 times PDF : 2879 times