ANALISIS SENTIMEN DAN KLASIFIKASI TWEETS BERBAHASA INDONESIA TERHADAP TRANSPORTASI UMUM MRT JAKARTA MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Diana Ika Sari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Yuliana Fajar Wati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Widiastuti Widiastuti Widiastuti
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penggunaan media sosial sebagai sarana untuk mengakses dan menyebarkan informasi telah banyak digunakan, salah satunya  menggunakan media sosial Twitter. Twitter dalam penelitian ini digunakan sebagai sumber informasi , dalam hal ini digunakan sebagai data  untuk menganalisis tweet berbahasa Indonesia yang membahas mengenai transportasi umum baru di Jakarta, MRT Jakarta. Analisis sentimen pada twitter MRT Jakarta digunakan untuk melihat kecenderungan respon pengguna MRT Jakarta apakah berkecenderungan positif atau negatif berdasarkan hasil tweet dari Twitter MRT Jakarta. Analisis sentimen ini dapat membantu masyarakat Indonesia dalam menentukan pilihan transportasi umum yang nyaman dan aman berdasarkan ulasan transportasi umum dari Twitter oleh pengguna MRT Jakarta. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan sistem pada MRT Jakarta, baik dalam meningkatkan layanan maupun fasilitas agar menarik membuat masyarakat untuk menggunakan MRT Jakarta sebagai alat transportasi. Analisis sentimen ini menggunakan metode Naïve Bayes Classifier yang merupakan metode pengklasifikasian. Tahap dalam program yang dilakukan pertama yaitu crawling, preprocessing yang terdiri dari case folding, cleansing, stopword removal, stemming, convert emoticon, dan tokenisasi. Tahap klasifikasi dilakukan setelah melalui fase preprocessing, dimana hasil klasifikasi tweet berkecenderungan positif atau negatif, menggunakan metode Naïve Bayes Classifier. Akurasi sistem pada analisis sentimen terhadap tweet yang terdapat dalam twitter MRT Jakarta adalah 96%.

Keywords
Twitter, Analisis Sentimen, MRTJakarta, Naïve Bayes Classifier
References

I. Wijanarko, M. A. Ridlo, “Faktor-faktor Pendorong Penyebab Terjadinya Kemacetan”, Jurnal Planologi, Vol. 14, No.1, Aprl 2017.

A. E. P. Harrera “ Pemanfaatan Media sosial Twitter Oleh Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo Telah Sesuai dengan Fungsi Utama Media Massa”, The Messsenger, Vol III, No.2, Juli 2016.

Kemenkominfo. “Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang”. from kominfo : https://www.kominfo.go.id/content/detail/3415/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-63-juta-orang/0/berita_satker. 2019. [Accessed: Maret 2019].

B. Pang, L. Lee, Opinion Mining and Sentiment Analysis, Foundations and Trends in Information Retrieval, Vol. 2, No 1-2 pp. 1–135, 2008.

Anurag P. Jain, Vijay D. Katkar, “Sentimen Analysis of Twitter Data Using Data Mining”, International Conference on Information Processing (ICIP), IEEE, 13 Juni 2016.

A. Pappu Rajan, S.P. Victor, “Web Sentiment Analysis for Scoring Positive or Negative Word Using Twitter Data”, International Journal of Computer Application (0975-8887), Vol. 96 No. 6. June 2014.

S. M. Basha, D. S. Rajput, “A Supervised Aspect Level Sentiment Model to Predict Overall Sentiment on Twitter Document”, International Journal of Metadata Semantics and Ontologies, Vol. 13 Issue 1, 4 Desember 2018.

Hairani, G. S. Nugraha, M. N. Abdillah, M. Innuddin, “Komparasi Akurasi Metode Correlated Naive Bayes Classifier dan Naive Bayes Classifier untuk Diagnosis Penyakit Diabetes”, Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, Vol 3 No. 1, September 2018.

Juen Ling, I Putu Eka N. Kencana, Tjokorda Bagus Oka, “Analisis Sentimen Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier dengan Seleksi Fitur Chi Square”, E-Jurnal Matematika Vol. 3 (3), pp. 92-99, Agustus 2014.

Malarvizhi dan K. Saraswathi, “Web Content Mining Techniques Tools & Algorithms – A Comprehensive Study R “, International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), Vol 4 Issue 8, 2013.

Tala, Fadillah Z, A Study of Stemming Effects on Information Retrieval in Bahasa Indonesia, Master of Logic ProjectInstitute for Logic, Language and Computation Universiteit van AmsterdamThe Netherlands, 2003

Fakultas Ilmu Komputer

Information
PDF
3866 times PDF : 2925 times