PERANCANGAN SMART BABY MONITOR MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID DAN WEB MELALUI INTERNET

Farid Al Rafi
Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Nur Sultan Salahuddin
Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Setiap orang tua pastinya akan bahagia jika melihat buah hatinya tumbuh sehat dan tidak mudah sakit. Orang tua perlu menjaga keamanan dan kesehatan buah hati  atau balita dari masalah : sindroma kematian bayi yang mendadak (SIDS), menangis terlalu lama dan terkena ruam popok (Diaper Dermatitis) mutlak dilakukan. Salah satunya dengan cara orang tua selalu memantau  bayi atau balita dalam boks tempat tidurnya . Akan tetapi tidak semua orang tua bisa memantau dan mengawasi bayi atau balita mereka selama 24 jam realtime, terutama pada orang tua karir yang menitipkan bayinya pada pengasuh bayi.Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, diperlukan suatu sistem yang dapat membantu orang tua dalam memantau bayi dalam boks tempat tidur. Sistem pemantau bayi dibutuhkan untuk memberi peringatan dini apabila bayi sedang tertelungkup, menangis, buang air, dan saat suhu ruangan panas. Dalam penelitian ini kami telah merancangan sistem pantau bayi cerdas (Smart Baby Monitor) yang bisa diakses melalui Smartphone Android dan Streaming Web dari Internet. Sistem Smart Baby Monitor ini di lengkapi kamera, sensor suhu dan kelembapan ruangan, sensor popok, dan sensor tangis. Selain itu kami juga akan melakukan pengembangan Smart Baby Monitor ini bisa di aplikasikan di rumah sakit, seperti perangkat tambahan pada inkubator. Sehingga membuka wacana baru dalam rancang bangun peralatan kesehatan/keselamatan bayi dalam dunia industri kesehatan dan juga mengurangi ketergantungan pembelian produk luar negeri.

Keywords
Smart Baby Monitor, Bayi, Sensor, Android
References

R. Akbar, Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta: EGC. 2001.

A. Vinayastri, “Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-tua terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini”, Jurnal Ilmiah WIDYA, vol 3 no 1 Januari 2015.

A. T. Kusumaningrum, “Hubungan Sikap Orang Tua dan Tindakan Pencegahan dengan Kejadian Diaper Dermatis pada Neonatus”, Surya, Vol. 07 No. 1, April 2015.

C. Janssen, Internet of Things: IoT. Diakses dari situs techopedia pada 9 November 2013

A. Yuliant, N. S. Salahuddin, A. Kowanda. “Rancang Aplikasi Memantau suhu dan Kelembapan pada inkubator bayi berbasis Internet”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, 2015.

A. Yuliant, N. S. Salahuddin. S. P. Sari dan A. Kowanda, “Rancang Aplikasi Pemantau Inkubator bayi menggunakan video streaming berbasis Web”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, 2016.

Information
PDF
949 times PDF : 982 times