PURWARUPA PENGONTROL PINTU AIR BENDUNGAN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16

Wahyu Kusuma R
Jurusan Teknik Elektro, Universitas Gunadarma
Indonesia
Pramudita Rahardi
Jurusan Teknik Elektro, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Bendungan adalah salah satu konstruksi yang dibangun untuk menahan dan menampung air dengan kapasitas besar. Bendungan dilengkapi dengan pintu air yang digunakan untuk mengatur keluarnya air secara terkendali. Banyak bendungan yang mempunyai pengaturan pintu airnya bersifat manual atau diatur oleh tenaga manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan  purwarupa pengontrol buka tutup pintu air bendungan secara otomatis. Purwarupa alat yang dibuat ini terdiri dari beberapa blok yaitu 1 buah Mikrokontroler Atmega 16 sebagai modul pengendali, sensor air sebagai pendeteksi ketinggian air. Unit keluaran terdiri dari  lampu led sebagai indikator ketinggian dan motor stepper sebagai penggerak pintu.Prinsip kerja dari alat ini diamuali dengan pendeteksian ketinggian air menggunakan sensor air. Hasil pendeteksian level air dikirimkan pada mikrokontroler untuk diproses sesuai dengan program menggerakan motor stepper sebesar 90º. Indikator level air ditunjukkan dengan komponen lampu LED dengan warna merah, kuning, hijau.

Keywords
Pengontrol Buka Tutup, Mikrokontroler Atmega 16, Motor Stepper
References

R. Muchlisin, “Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis-jenis Bendungan”, [Online]. Available:https://www.kajianpustaka.com/2018/12/pengertian-fungsi-manfaat-dan-jenis-bendungan.html, [Accessed Jan. 14, 2017].

Sumarsono, Saptaningtyas., D. W., “Pengembangan Mikrokontroler sebagai Remote Control Berbasis Android”, Jurnal Teknik Informatika, Vol 11. No. 1, Hal 67-74, April 2018.

Yurindra, M. Sobri., “Pengontrol Alat Penyiram Taman Otomatis Menggunakan SMS Berbasis Mikrokontoler IC Atmega 16”, Jurnal SISFOKOM, Vol 03, Nomor 01, hal. 50-59, Maret 2014.

Hartono, S. Nurhadayono, D. Sucipto, “Sistem Kontrol Buka tutup Pintu Gerbang dengan Sensor Jarak Berbasis Mikrokontroler Atmega 32”, Jurnal ITEKS STT Wiworotomo, Vol 10, No. 1, hal 1-11, 2018.

Dickson Kho, “Pengertian Kabel Listrik dan Jenis-jenisnya”, [Online]. Available : https://teknikelektronika.com/pengertian-kabel-listrik-jenis-jenis-kabel/, [Accessed Apr. 6, 2018].

H. Andrianto, Pemprograman Mikrokontroler AVR ATmega 16, Penerbit Informatika, Bandung, 2008.

Widodo, Panduan Praktikum Mikrokontroler AVR ATMEGA 16, Penerbit Elex Media Komutindo , Jakarta, Januari 2008.

Syahrul, Motor Stepper: Teknologi, Metoda, dan Rangkaian Kontrol, Majalah Imiah UNIKOM, Vol.6, No. 2, 2011.

P. Marian, “L293D datasheet” [Online]. Available: https://www.electroschematics.com/l293d-datasheet/, [Accessed Apr. 16, 2018].

Information
PDF
672 times PDF : 433 times