PREDIKSI CURAH HUJAN DI JAKARTA BERBASIS ALGORITMA LEVENBERG MARQUARDT

Gema Indah Merdekawati
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Ismail Ismail
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Perubahan pola curah hujan yang tidak menentu sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan terutama di kota Jakarta dimana segala aktivitas penting berada di dalamnya, sehingga perlu dilakukan prediksi curah hujan agar tidak mengganggu aktifitas penting dan harus segera dilaksanakan. Penelitian ini akan melakukan prediksi curah hujan di Jakarta berbasis algoritma levenberg marquardt menggunakan data curah hujan harian mulai dari 1 Mei 2016 – 30 April 2018 dari stasiun meteorology Kemayoran. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, yakni pengolahan data curah hujan harian, normalisasi data curah hujan, konversi data curah hujan yang telah di normalisasi, proses training jaringan, dan hasil akurasi prediksi. Prediksi curah hujan di Jakarta menggunakan pola 23-14-1 dan dipengaruhi oleh 1 parameter yaitu hidden layer. Proses training terhadap jaringan dilakukan sebanyak 5 kali dengan merubah nilai parameternya untuk memperoleh hasil berupa akurasi terbaik, sehingga algoritma levenberg marquardt dapat digunakan pada prediksi curah hujan dimasa yang akan datang. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah algoritma levenberg marquardt dapat dilakukan untuk memprediksi curah hujan di kota Jakarta dengan nilai akurasi sebesar 96%, hal tersebut menunjukkan bahwa algoritma levenberg marquardt pada penelitian ini memiliki performance yang baik dan dapat digunakan untuk prediksi curah hujan kota Jakarta dimasa yang akan datang.

Keywords
Prediksi, Curah Hujan, Neural Network, Levenberg Marquardt
References

N. Ritha dan R. Wardoyo, “Implementasi neural fuzzy inference system dan algoritma pelatihan Levenberg-Marquardt untuk prediksi curah hujan” ,Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems, vol. 10, no. 2, hal. 125 – 136, 2016.

M. I. Hastuti, J. A. I. Paski, dan F. Fatkhuroyan, “Improving numerical weather prediction of rainfall events using radar data assimilation,” Indonesian Journal of Geography, vol. 51, no. 3, hal. 273 – 284, 2019.

I. Gustari, T. W. Hadi, S. Hadi, dan F. Renggono, “Akurasi prediksi curah hujan harian operasional di Jabodetabek: Perbandingan dengan Model WRF” ,Jurnal Meteorologi dan Geofisika, vol. 13, no. 2, hal. 119 – 130, 2012.

Indrabayu, N. Harun, M. S. Pallu, dan A. Achmad, “Prediksi curah hujan di wilayah Makassar dengan menggunakan metode wavelet neural network”, Jurnal Ilmiah “Elektrikal Enjiniring” UNHAS, vol. 9, no. 2, hal. 50 – 59, 2011.

N. E. P. Sari dan E. Sukirman, “Prediksi cuaca berbasis logika fuzzy untuk rekomendasi penerbangan di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah”, Skripsi Sarjana, Universitas Gunadarma, Depok, 2011.

M. Feridiansyah, F. Nhita, dan Adiwijaya, “Analisis algoritma prediksi curah hujan mengggunakan algoritma competitive neural network”, Dalam Eproceedings of Engineering, 2015, vol. 2, no. 3.

Y. Andrian dan E. Ningsih, “Prediksi curah hujan di Kota Medan menggunakan metode backpropagation neural network”, Dalam Prosiding Seminar Nasional Informatika, 2014, hal. 184 – 189.

I M. D. U. Putra, G. K. Gandhiadi, dan L. P. I. Harini, “Implementasi backpropagation neural network dalam prakiraan cuaca di Daerah Bali Selatan,” E-Jurnal Matematika vol. 5, no. 4, hal. 126 – 132 , 2016.

Information
PDF
1261 times PDF : 1394 times