ALAT PENDETEKSI PELANGGARAN GARIS HENTI KENDARAAN PADA PERSIMPANGAN LALU LINTAS SATU ARAH MENGGUNAKAN SENSOR LASER BERBASIS ARDUINO MEGA 2560

Rudi Kurniawan
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Veronica Ernita Kristianti
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Alona Situmeang
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Perancangan alat pendeteksi pelanggaran garis henti kendaraan pada persimpangan lalu lintas satu arah menggunakan sensor laser berbasis Arduino Mega 2560. Software yang digunakan untuk memberi perintah Arduino Mega 2560 terhadap seluruh kerja alat adalah Arduino IDE. Sensor laser digunakan sebagai pendeteksi kendaraan yang melewati garis henti kendaraan dan dihubungkan ke input Arduino Mega 2560 untuk mengontrol 2 kondisi lampu lalu lintas, disetiap kondisi lampu lalu lintas terdapat beberapa output yang terdiri dari LCD 16 x 2 yang berfungsi menampilkan “Pelanggaran”, buzzer sebagai bunyi peringatan pelanggaran, dan sepasang solenoid valve yang berfungsi menyemprotkan air ke arah jalan saat kendaraan melewati garis henti kendaraan di area lampu lalu lintas. Pengujian alat dilakukan terhadap kinerja komponen dan reaksi terhadap kondisi yang telah diberikan, antara lain tegangan input Arduino Mega 2560, tegangan pada sensor laser, lampu lalu lintas LCD, buzzer dan solenoid valve, mengukur waktu aktif buzzer dan solenoid valve saat terjadi pelanggaran lalu lintas, serta menguji delay respon sensor laser ketika mendeteksi kendaraan yang melewati garis henti kendaraan, serta menguji tegangan pada komponen output yang terdiri dari sensor laser, buzzer, dan solenoid valve ketika terjadi pelanggaran dengan kondisi lampu merah menyala di kedua area lampu lalu lintas.
Keywords
Arduino Mega 2560, Buzzer, LCD 16 x 2, Pelanggaran Lalu Lintas, Sensor Laser, Solenoid Valve
References

D. Pancawati dan A. Yulianto, “Implementasi fuzzy logic controller untuk mengatur pH nutrisi pada sistem hidroponik Nutrient Film Technique (NFT)”, Jurnal Nasional Teknik Elektro, vol. 5, no. 2, hal. 281-282, 2016.

D. P. Githa dan W. E. Swastawan, “Sistem pengaman parkir dengan visualisasi jarak menggunakan sensor ping dan LCD”, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol. 3, no. 1, hal. 11-12, 2014.

A. Pranata, S. N. Arif dan Yusniah, “Perancangan prototipe sistem parkir cerdas berbasis mikrokontroler Atmega8535”, Jurnal Saintikom, vol. 14, no. 2, hal. 132-133, 2015.

E. Mulyanah dan C. M. Hellyana, “Perancangan dan pembuatan alat pengering kerupuk otomatis menggunakan mikrokontroler Atmega16”, Jurnal Evolusi, vol. 3, no. 2, hal. 44, 2015.

Mariyam, Asparizal dan A. Azkiya, “Pengembangan simulasi pengendalian lampu lalu lintas dan pendeteksian kepadatan berbasis Arduino Mega 2560 menggunakan LDR dan laser”, Lentera Dumai, vol. 9, no. 2, hal. 48-49, 2018.

Siswanto, G. P. Utama dan W. Gata, “Pengamanan ruangan dengan Arduino no R3, Sensor Mc-38, Pir, Notifikasi SMS, Twitter”, Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 2, hal. 699, 2018.

Information
PDF
1658 times PDF : 1097 times