PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN MENGGUNAKAN RFID DAN KEYPAD PADA RUANG PENYIMPANAN DI BANK BERBASIS ARDUINO UNO

Amelia Maryam Nurul Syams
Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Suhartini Suhartini
Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pada perkembangan zaman yang semakin pesat ini, angka kriminalitas pun semakin bertambah dikarenakan semakin berkembang pula berbagai macam cara untuk melakukan tindak kejahatan. Salah satu contoh dari kriminalitas yang dimaksud adalah pembobolan ruang penyimpanan uang di bank. Dikarenakan semakin maraknya kasus seperti yang tekah disebutkan sebelumnya, maka diperlukan sebuah prototype sistem keamanan menggunakan RFID dan Keypad pada ruang penyimpanan di bank berbasis Arduino uno. Prototipe tersebut dirancang dengan menggunakan keamanan ganda, yaitu menggunakan dua buah pintu untuk mendapatkan akses menuju ruang penyimpanan tersebut, dan ketika yang berwenang telah berhasil masuk ke dalam ruang penyimpanannya, maka orang tersebut pun dapat keluar dari ruang penyimpanan tersebut secara aman juga.

Keywords
Arduino Uno, Buzzer, Keypad, RFID
References

N. Rahanra, “Sistem Keamanan Pintu Rumah Dengan Radio Frequency Identification (RFID) Berbasis Arduino”, Jurnal Fateksa, Vol 2, No 1, 2016.

T. Mahesa, H. Rahmawan, A. Rinharsah dan S. Arifin, “Sistem Keamanan Brankas Berbasis Kartu Rfid E-Ktp”, Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, Vol 5 No. 1, 2015.

F. Undala, D. Triyanto, Y. Brianorman, “Prototype Sistem Keamanan Pintu Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) dengan Kata Sandi Berbasis Mikrokontroler”, Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan, Vol 03, No. 1, hal 30-4, 2015.

M. Chamdun, A. F. Rochim, E. D. Widianto, “Sistem Keamanan Berlapis pada Ruangan Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) dan Keypad untuk Membuka Pintu Secara Otomatis”, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer , 2014, Vol 2, No 3 hal 187 – 194.

T. Octaviany, T. Supriyanto, Syufrijal, “Sistem Keamanan Loker Barang Berbasis RFID (Radio Frequency Identification) dengan Pengendali Arduino Uno”, Jurnal Autocracy, Vol. 2, No. 1, 35-42, 2015.

Maryono, Dasar-dasar Radio Frequency Identification (RFID) Teknologi Yang Berpengaruh di Perpustakan. Media Informasi, Vol. XIV No 20, 2005.

R. Yuwono, “Design of Circular Patch Microstrip Antenna with Egg Slot for 2.4 GHz Ultra-Wideband Radio Frequency Identification (UWB RFID) Tag Applications”. Jurnal Internasional Applied Mechanics and Materials, Vol. 513-517, 2014.

Indra Harja, Pengertian Buzzer, https://indraharja.wordpress.com/2012/01/07/pengertian-buzzer/, 2012.

Information
PDF
1796 times PDF : 1352 times