PERANCANGAN APLIKASI KALKULATOR PENILAIAN KATEGORISASI DATA BERBASIS ANDROID

Lilis Ratnasari
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma
Indonesia
Abdul Ghani Abbasi
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penggunaan dua pendekatan dalam menafsirkan skor variabel penelitian yaitu pendekatan norma dan kriteria memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pendekatan untuk memperoleh kluster kriteria atau lebih dikenal dengan kategorisasi bertujuan untuk mempresentasikan distribusi skor subjek secara umum, melihat kecenderungan skor subjek, atau membandingkan skor antar subjek. Kluster nilai kategori data dapat dibagi dalam tiga kategori yaitu  rendah, sedang, tinggi atau dalam lima kategori yaitu sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Salah satu cara melakukan kategorisasi adalah dengan melihat dari data empirik (statistik empirik). Data yang diperlukan dalam penghitungan untuk kategorisasi antara lain skor item terendah dan tertinggi, rentang skor, serta nilai rerata empirik dari hasil hitung dengan SPSS. Perkembangan, teknologi memberikan akses untuk kemudahan olah data dalam melakukan kategorisasi, termasuk berbentuk aplikasi berbasis android. Dalam penelitian ini akan dihadirkan perancangan flowchart dan output aplikasi kalkulator untuk menghitung penilaian kategorisasi data yang dapat diimplementasikan dalam piranti bergerak.

Keywords
Perancangan, Kalkulator, Penilaian, Kategorisasi Data
References

W. Widhiarso, Pengategorian Data dengan Menggunakan Statistik Hipotek dan Statistik Empirik. Yogyakarta:Universitas Gadjah Mada, 2017.

Azwar, S. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

K. F., Wardhani,”Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Kredit Pemilikan Mobil dengan Metode Scoring System”,Skripsi STIKOM, Surabaya, 2005.

A.T. Dasuki, Penggunaan SPSS Dalam Statistik, Sleman: Danisa Media,2015.

H. Patmawati, dan S. Santika, “Penggunaaan Ms Excel sebagai Alternatif Pengolahan Data [5] Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir”. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 124-129, 2016.

N. Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Berbasis Android, Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2012.

Information
PDF
2140 times PDF : 2163 times