PROTOTIPE MESIN PENYEDUH MINUMAN KOPI OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

Manarul Hidayat
Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Minuman kopi diminati oleh hampir semua golongan masyarakat saat ini sebagai gaya hidup seperti tempat berkumpul, tempat mengerjakan tugas atau sebagai tempat rapat rekan bisnis di kedai kopi. Di zaman modern ini, seiring dengan tingginya kesibukan masyarakat dalam dunia kerja banyak orang yang dituntut untuk melakukan tugas atau pekerjaan dengan cepat dan tepat waktu, sehingga mereka akan sangat sibuk dan kebanyakan dari mereka memanfaatkan waktu istirahat yang sebentar untuk menikmati secangkir kopi. Prototipe yang dirancang pada penelitian ini merupakan sebuah alat yang bekerja berdasarkan push button. Kondisi push button memiliki beberapa tahapan. Tahapan tersebut meliputi ketika tombol ditekan maka servo akan bergerak untuk menuangkan gula dan kopi. Tahapan berikutnya air panas akan mengalir melalui pompa air dari pemanas air ke dalam gelas dengan menggunakan selang. Prototipe ini dapat berjalan dengan baik dengan 3 buah tegangan input 5V dan arus 2A untuk Arduino, 12V dan arus 2A, 220VAC untuk pemanas air.

Keywords
DS18B20, Kopi, Mesin, Minuman
References

I. National Coffee Association of U.S.A., "National Cofee Association," [Daring]. Tersedia: http://www.ncausa.org. [Diakses pada 2018].

K. Abasi, "Rancang bangun model alat pembuat minuman kopi otomatis menggunakan sensor ultrasonik, screw conveyor dan mixing propeller berbasis mikrokontroler Atmega2560," Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2016.

S. Rahim, "Alat pembuat minuman kopi otomatis berbasis mikrokontroler AT89C52," Skripsi, Universitas UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2010.

A. S. Wijaya, "Rancang bangun otomatisasi pengisian kopi susu pada gelas berbasis mikrokontroler AT89S51," Tugas Akhir, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, 2008.

S. G. Yulianto, "Perancangan prototype pembuat minuman kopi menggunakan Arduino Uno pada Graha Kopi Tangerang Selatan," Skripsi, Universitas Raharja, Tangerang, Skripsi, 2016.

N. Lubis, "Mesin penyeduh kopi otomatis," Laporan Proyek Akhir, Politeknik Negeri Batam, 2017.

I. N. Rosi, " Rancang Bangun Alat Pembuat Minuman Kopi Otomatis Menggunakan Konveyor ", Jurnal Ilmiah Mikrotek Vol. 2, No.4, 2017.

Information
PDF
2454 times PDF : 1359 times