PEMBUATAN APLIKASI KLASIFIKASI CITRA DAUN MENGGUNAKAN RUANG WARNA RGB DAN HSV

Haura Sanusi
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Suryadi H. S.
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Diana Tri Susetianingtias
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Bagi orang awam, mengetahui tumbuhan berdasarkan warna daun tentu tidak mudah, mengingat semua warna daun relatif sama yaitu warna hijau, sehingga akan sulit juga untuk mengetahui manfaat dari tumbuhan tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem klasifikasi berdasarkan warna daun untuk mengetahui apa nama dan manfaat tumbuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ekstraksi nilai red, green, blue, hue, saturation, dan value pada citra daun, menghasilkan klasifikasi citra daun berdasarkan hasil ekstraksi nilai RGB dan HSV, serta menghasilkan nilai akurasi hasil klasifikasi citra daun. Pada penelitian ini, peneliti akan melakukan klasifikasi terhadap daun berdasarkan warna daun. Peneliti menggunakan 200 buah citra dari 10 jenis daun. Klasifikasi daun berdasarkan warna dilakukan peneliti menggunakan ruang warna RGB dan HSV. Hasil klasifikasi citra daun memiliki rata-rata akurasi yang tinggi yaitu 90,08%.

Keywords
Citra Daun, HSV, Matlab, RGB
References

K. D. Septiaji dan K. Firdausy, ”Deteksi Kematangan Daun Selada (Lactuca Sativa L) Berbasis Android Menggunakan Nilai RGB Citra”, Jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI), vol. 4, no. 1, hal. 20-27, 2018.

H. Prabowo, "Deteksi Kondisi Kematangan Buah Jeruk Berdasarkan Kemiripan Warna pada Ruang Warna RGB Berbasis Android”, Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, vol.3, no.2, hal. 9-19, 2017.

I. P. Sari, B. Hidayat, dan R. D. Atmaja, ”Perancangan dan Simulasi Deteksi Penyakit Tanaman Jagung Berbasis Pengolahan Citra Digital Menggunakan Metode Color Moments dan GLCM”, dalam Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri (SENIATI), 2016, hal. 215-220.

F. R. Lestari, J. Y. Sari, Sutardi, I. Purwanti, dan N. Purnama, ”Deteksi Penyakit Tanaman Jeruk Siam Berdasarkan Citra Daun Menggunakan Segmentasi Warna RGB-HSV”, dalam Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal (SNT2BKL), 2018, hal. 276-283.

P. Rianto dan A. Harjoko, ”Penentuan Kematangan Buah Salak Pondoh di Pohon Berbasis Pengolahan Citra Digital”, International Journal of Computing and Cybernetics Systems, vol. 11, no.2, hal. 143-154, 2017.

I. Y. Ningsih, ”Anatomi dan Morfologi Daun”, Modul Botani Farmasi, Universitas Jember, 2015.

R. Kusumanto dan A. N. Tompunu, ”Pengolahan Citra Digital untuk Mendeteksi Obyek Menggunakan Pengolahan Warna Model Normalisasi RGB“, dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, 2011.

S. Madenda, Pengolahan Citra & Video Digital. Jakarta: Erlangga, 2015.

J. Han, M. Kamber, dan J. Pei, Data Mining Concept and Techniques, USA: Elsevier, 2012. [E-book]

Information
PDF
5184 times PDF : 3253 times