APLIKASI KOREKSI KESALAHAN PENULISAN KATA DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP

Sendy Agustian
Fakultas Teknologi dan Desain Universitas Bunda Mulia
Indonesia
Kenny Kenny
Fakultas Teknologi dan Desain Universitas Bunda Mulia
Indonesia
Kristien Margi Suryaningrum
Fakultas Teknologi dan Desain Universitas Bunda Mulia
Indonesia

Abstract

Mengetik merupakan suatu kebiasaan untuk melakukan suatu kepentingan berupa tugas ataupun keperluan lainnya. Sementara itu, pastinya akan ada saat dimana ada sebuah kesalahan dalam pengetikan (typo). Jika ada suatu typo terkadang akan membuat kata-kata itu menjadi ambigu, tidak benar ataupun menjadi acak. Untuk penulisan karya ilmiah atau skripsi, kesalahan pada penulisan kata mungkin sudah menjadi hal yang biasa, tetapi untuk melakukan koreksi secara manual akan memakan waktu yang lama. Maka untuk menyelesaikan masalah yang terjadi salah satunya dapat dibantu oleh bantuan program, dengan membuat suatu aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang sebagai alat bantu untuk memeriksa kesalahan dalam pengetikan dengan menggunakan algoritma Rabin-Karp, cara kerja algoritma Rabin-Karp adalah dengan melakukan pencocokan string berdasarkan masing-masing nilai hash pada teks dan pattern. Pattern didapat dengan melakukan pencarian kata yang tersimpan di dalam database berdasarkan kata terdekat dari typo yang ditemukan. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan secara manual dan program, diperoleh hasil bahwa kata yang merupakan kata singkatan akan menghasilkan hasil dan nilai yang berbeda daripada kata yang bukan merupakan kata singkatan. Hasil untuk kata kedua dari kata singkatan akan menghasilkan nilai yang berbeda dikarenakan kata tersebut menghasilkan kata yang berbeda atau tidak sama dengan yang seharusnya.

Keywords
Algoritma Rabin-Karp, Hash, Koreksi, String Matching
References

Andri., Sunda , A., Margareta, A., “Aplikasi Koreksi Kesalahan Berbasis Pada Tulisan Berbahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah”., Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), 2014.

Arina Indana Fahma, dkk. “Identifikasi Kesalahan Penulisan Kata (Typographical Error) pada Dokumen Berbahasa Indonesia Menggunakan Metode N-gram dan Levenshtein Distance”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer, Vol.2. No.1, 2017.

Sinaga HP Fauzan Akbar., “Implementasi Algoritma Rabin KARP pada Pendeteksian Pengulangan Kata Kerja dalam Penulisan Bahasa Inggris”, Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2018.

Doddi Aria Putra, dkk. “Implementasi Algoritma Rabin-Karp untuk Membantu Pendeteksian Plagiat pada Karya Ilmiah”. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol.1. No.1, 2015

Herriyance, dkk. “Analisis Algoritma Rabin-Karp pada Kamus Umum Berbasis Android”. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, Vol. 2. No.1, 2017

Information
PDF
2516 times PDF : 1035 times