RANCANG ULANG APLIKASI PENGARSIPAN SIDOL (SISTEM INFORMASI DOKUMEN LEGAL) PADA PT BUKAKA TEKNIK UTAMA

Condro Wibawa
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Dessy Tri Anggraeni
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

PT Bukaka Teknik Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang engineering, konstruksi, dan manufaktur. Dalam operasional usaha, diperlukan berbagai izin seperti izin usaha dan izin proyek yang merupakan bagian dari Dokumen Legal. Saat ini informasi Dokumen Legal di PT Bukaka Teknik Utama dikelola dalam aplikasi desktop yang bernama SIDOL (Sistem Informasi Dokumen Legal). Aplikasi juga digunakan untuk memonitoring masa berlaku dokumen. Namun begitu, aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah hanya dapat diakses oleh komputer yang terpasang aplikasi tersebut, hanya dapat diakses dari jaringan lokal (LAN), dan sistem notifikasi yang hanya dapat dilihat saat pengguna membuka aplikasi. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, akan dilakukan perancangan ulang aplikasi sehingga mampu menjawab kekurangan yang ada. Pembuatan aplikasi menggunakan metode prototipe. Metode ini memiliki lima tahapan pengembangan yaitu communication, quick planmodeling quick designconstruction of prototype, and deployment delivery and feedback. Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman HTML untuk tampilan, PHP untuk pengolahan data di sisi server, CSS untuk page styling, Code Igniter sebagai framework, dan Micsosoft SQL Server sebagai Database Management System. Hasil akhir aplikasi adalah menyediakan aplikasi yang dapat diakses semua karyawan yang membutuhlkan informasi Dokumen Legal serta memberikan notifikasi melalui e-mail ketika terdapat dokumen yang masa berlakunya akan segera berakhir.

Keywords
Aplikasi Pengarsipan, Dokumen Legal, Metode Prototipe, Perizinan Usaha, PT Bukaka Teknik Utama
References

S. Sembiring, J.S, Legal Officer. Jakarta : VisiMedia, 2009.

Habiburrahman, “Penggunaan Perangkat Lunak dalam Pengelolaan Arsip Konvensional dan Elektronik,” Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 226-240, 2016.

S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Edisi tujuh. New York: McGraw-Hill Higher Education, 2010.

W. Satzinger, R. B. Jackson, dan S. D. Burd, Systems Analysis and Design in a Changing World, Edisi enam. Boston: Course Technology, 2012.

Yasin, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.

M. Connoly dan C. E. Begg, C.E, Database System: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, Edisi enam. Harlow: Pearson Education Limited. 2015.

Sutanta, Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.

P. Basuki, Proyek Membangun Website dengan CodeIgniter. Yogyakarta: Lokomedia, 2014.

S. M. Mustaqbal, R. F. F. Firdaus, dan H. R. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN)”, Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan (JITTER), 2015.

Cholifah, Y. Wahyu, dan S. M. Sagita, "Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap”, Jurnal String, vol. 3 no.2, 2018.

Winartno dan A. Zaki, Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, & JavaScript. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

Information
PDF
496 times PDF : 403 times