PERANCANGAN SISTEM JADWAL KULIAH DI KAMPUS KARAWACI UNIVERSITAS GUNADARMA

Meta Meysawati
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Pembuatan penjadwalan di UniversitasGunadarma merupakan sebuah kegiatan pemberian atau pengaturan jadwal mengajar untuk setiap dosen, mulai dari awal sampai akhir semester selama kurun waktu 6 (enam) bulan. Meningkatnya jumlah mahasiswa menyebabkan kebutuhan dosen bertambah bahkan pada jam mengajar serta ruang yang akan dipergunakan selama proses perkuliahan berlangsung. Sehingga, perlu dibangun perancangan sistem yang sesuai dalam pembuatan jadwal kuliah di lokasi Karawaci kampus Universitas Gunadarma agar dalam hal pembuatan jadwal dapat berlangsung cepat dan terhindar dari benturan jadwal. jadwal dilokasi lain karena faktor Human error. Proses penyusunan jadwal kuliah (Karawaci) masih dilakukan secara konvensional. Usulan proses sistem perancangan akan dideskripsikan menggunakan Data Flow Diagram dan Entity Relationship Diagram. Oleh karena itu, perancangan sistem komputerisasi dirancang agar dalam pelaksanaan pembuatan jadwal jauh lebih cepat dibandingkan dengan konvensional. Hasil dari penelitian berupa sistem yang akan memiliki kemampuan untuk menghasilkan jadwal perkuliahan di Lokasi Karawaci dengan cepat, akurat dan relevan sehingga terhindar dari benturan jadwal.
Keywords
DFD, Gunadarma Karawaci, Penjadwalan, Perancangan Sistem, Perkuliahan
References

Adnyana, I. M. B., “Perancangan Sistem Penjadwalan Asisten Dosen Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus: STIKOM Bali)”. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, 569-574, 2017.

Laksono, A. T., Utami, M. C., & Sugiarti, Y., “Sistem Penjadwalan Kuliah Menggunakan Metode Algoritma Genetika (Studi Kasus: Fakultas Kedokteran Dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta)”, Studi Informatika, Jurnal Sistem Informasi, 9(2), 2016..

Josi, A. “Implementasi Algoritma Genetika Pada Aplikasi Penjadwalan Perkuliahan Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Waterfall (Studi Kasus: STMIK Prabumulih)”, Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 02 No. 2, hal 77-83, 2017.

Saifullah, S., & Hermawan, A., “Pengembangan Sistem Penjadwalan Kuliah Menggunakan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing”, Jurnal Sistem Komputer, Vol. 6, No. 2, hal 57-62, 2016.

Suhartono, E. “Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah dengan Algoritma Genetika (Studi Kasus di AMIK JTC Semarang)”, INFOKAM, No. II, hal 132-146, 2015.

Information
PDF
974 times PDF : 406 times