PERANCANGAN SISTEM PEMBELANJAAN SECARA ONLINE (E-COMMERCE) UNTUK PASAR SWALAYAN

Sutanto Supono
Program Pasca Sarjana Fakultas Manajemen Sistem Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Bambang Wahyudi
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Tingkat persaingan pasar swalayan di kota-kota besar sudah demikian ketat, karena hampir di setiap jalan-jalan utama kota bermunculan berbagai pasar swalayan. Berbagai bentuk strategi pemasaran telah diterapkan, seperti pembuatan kartu pelanggan dengan potongan harga kepada konsumen setiap kali belanja, tersedia antar barang belanjaan gratis, cuci gudang, beli satu dapat dua, penyebaran brosur ke rumah-rumah, dan berbagi cara lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat perancangan sistem e-commerce untyk swalayan. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah hasil analisis prosedur lama sebagai dasar modifikasi untuk menghasilkan prosedur baru. Perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan metode DFD dan ER. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sistem e-commerce yang meliputi rancangan basis data dan rancangan tampilan.
Keywords
E-commerce, Pasar Swalayan, Perancangan Sistem, Strategi Pemasaran
References

L. Fithri, A. P. Utomo, dan F. Nugraha, “Pemanfaatan E-Commerce Populer untuk Optimalisasi Pemasaran Produk pada Kub Bordir Kurnia Kudus,” Jurnal SIMETRIS, vol. 8, no. 2, 2017.

Susandi dan Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 4, 2017.

S. K. Dewi dan A. K. Garside, “Perancangan Website sebagai Media Promosi dan Penjualan pada Home Industry Abon,” Jurnal Teknik Industri, vol. 15, no. 2, 170 – 181, 2014.

Kotler dan K. L. Keller, Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education, Inc, 2016.

S. Hayu, “Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millenial Indonesia,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JMK), vol. 4, no. 1, hal. 61 – 69, 2019.

Information
PDF
1366 times PDF : 2192 times