PEMBUATAN LINGKUNGAN VIRTUAL 3D YANG BERINTEGRASI DENGAN DATA GERAKAN DARI MOTIVE PADA SIMULASI RUANGAN

Ghaffar Rizqi
Fakultas Ilmu Komputer dan TI Universitas Gunadarma
Indonesia
Adang Suhendra
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Banyaknya minat masyarakat membuat animasi terus berkembang, mulai dari animasi dua dimensi hingga animasi tiga dimensi. Pada sebuah produksi animasi 3D terdapat lingkungan virtual 3D yang menghasilkan ruang tiga dimensi yang dibayangkan atau direpresentasikan dari dunia nyata. Salah satu perkembangan teknologi yang mempengaruhi animasi tiga dimensi adalah teknologi Motion Capture. Teknologi ini memungkinkan model 3D dapat diintegrasikan dengan data pergerakan manusia yang tertangkap kamera. Pada penelitian ini dibuat lingkungan virtual 3D yang berintegrasi dengan data gerakan manusia yang tertangkap kamera pada simulasi ruangan kantor. Aplikasi ini dapat memasukkan model 3D ke dalam sebuah lingkungan virtual 3D. Aplikasi ini juga dapat mengintegrasikan data gerakan manusia yang tertangkap kamera dengan lingkungan virtual 3D yang di dalamnya terdapat objek-objek 3D. Data gerakan manusia diambil dari software Motive secara realtime dimana data gerakan sudah diimplementasikan ke dalam bentuk skeleton pada OpenGL. Skeleton dapat diintegrasikan ke dalam sebuah lingkungan virtual yang membuat model 3D mempunyai animasi .
Keywords
Lingkungan Virtual 3D, Motion Capture, Animasi 3D, Motive
References

Syendi, “Rekonstruksi Grafik 3D Gerakan Tubuh Secara Realtime Berdasarkan Data dari Penangkapan 8 Kamera Infrared OptiTrack V100:R2 pada Teknologi Motion Capture,” Skripsi, Universitas Gunadarma, 2014.

A. Wardijono, “Studi tentang Penangkapan Gerak (Motion Capture) Manusia,” Jurnal Ilmiah Komputasi Komputer dan Sistem Informasi, vol. 12, no. 1, hal. 1 – 6, 2013.

D. B. Suryajaya, Penerapan Microsoft Xbox Kinect Motion Capture Sensor dalam Adegan Pertarungan untuk Film Animasi 3D Selamatkan bumi”, Skripsi, Universitas AMIKOM, Yogyakarta, 2013.

Djoko Kuswanto. 2008. Metode motion capture berbasis video untuk meningkatkan kualitas proses in between pada produksi film animasi 2d. Master’s thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2008.

Information
PDF
742 times PDF : 616 times