APLIKASI SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN OTOBUS PARIWISATA DI DKI JAKARTA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI ANDROID MBAAS

Ahmad Hidayat
Universitas Gunadarma
Indonesia
Andini Sintawati
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Kebutuhan masyarakat untuk mencari informasi dan pemesanan kendaraan wisata yang mudah, cepat dan dapat diakses dimana saja masihlah sulit. Jika pemesanan kendaraan wisata yang diinginkan harus melalui orang ketiga atau calo dinilai sangat merugikan untuk masyarakat ataupun untuk pihak PO bus karena harga yang ditawarkan oleh calo biasanya lebih mahal dari harga asli yang ditawarkan PO bus. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi yang dapat membantu masyarakat untuk mencari informasi dan pemesanan jenis kendaraan pariwisata kepada pihak PO bus pariwisata yang ingin digunakan berdasarkan kebutuhan langsung dari smartphone yang mereka miliki. Aplikasi   ini  dibuat  dengan  menggunakan  perangkat lunak Framework Jquery Mobile, Android Project, SDK Apiomat, Notepad++, browser Mozilla Firefox, dan Adobe PhoneGap. Metode  yang  digunakan  adalah pendekatan  Software  Development  Life  Cycle (SDLC), yang  terdiri  dari  fase perencanaan, analisa, perancangan, implementasi dan uji coba. Berdasarkan uji coba, aplikasi ini dapat diakses secara langsung melalui smartphone android dengan teknologi mobile backend as a service (MBaaS) yang terkoneksi internet, dan informasi yang diberikan aplikasi ini adalah mengenai kumpulan nama PO bus, alamat pusat, alamat cabang, fasilitas kendaraan, harga, peta lokasi, kontak telepon dan email yang dimiliki PO bus sesuai informasi yang dibutuhkan masyarakat khususnya yang tinggal di DKI Jakarta.
Keywords
Aplikasi; Android; PO bus; Pariwisata; MBaaS
References

P. A. J. Kusuma, I. K. A. Purnawan, dan N. M. I. Mandenni, “Aplikasi Sistem Informasi Hotel Berbasis Android,” Merpati, vol. 3, pp. 16-22, 2015.

Arti Mobile Backend-As-A-Services dan Keuntungaannya. 2016. [Online]. Available: https://mobnasesemka.com/arti-cloud-mobile-backend/. [Diakses pada: 26 Juli 2019].

R. McLeod dan G. P. Schell, Management Information Systems, Edisi 10, Upper Saddle River New Jersey 07458: Pearson/Prentice Hall, 2007.

Y. Sugiarti, Analisis & Perancangan UML (Unified Modeling Language). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Wahana Komputer. Membangun Aplikasi Mobile Cross Platform dengan PhoneGap. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

A. K. Putra dan A. Kuurniawati, “Aplikasi Media Sosial untuk Pemasaran Tempat Makan dan Kuliner Menggunakan Teknologi Mobile Backend As A Service”, Jurnal Teknologi Rekayasa, vol. 22, no. 3, pp. 170 – 182, 2017.

R. Camde dan A. Matthews, jQuery Mobile Web Development Essentials, Edisi 2, Birmingham: Packt Publishing Ltd, 2013.

Mobile Backend as a Service. [Online]. Available: http://www.apiomat.com/backend-as-a-service-english/. [Diakses pada 26 Juli 2019].

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma

Information
PDF
336 times PDF : 441 times