APLIKASI YOGYAKARTA FUN GUIDE UNTUK PERANGKAT MOBILE DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Agustine Hana Masitoh
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Kota Yogyakarta adalah salah satu kota wisata di Indonesia. Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Indonesia yang berhasil menarik wisatawan lokal maupun asing untuk datang. Pada situs internet terdapat banyak informasi mengenai penginapan atau objek wisata yang ada di Yogyakarta, namun dalam mengakses dibutuhkan cara yang kurang praktis karena harus mencari satu persatu website yang menyediakan informasi tersebut. Dalam penelitian ini, dibangun suatu aplikasi kota Yogyakarta yang dapat menampilkan informasi wisata melalui perangkat mobile. Metode yang dipakai dalam penelitian ini dengan mengikuti tahapan-tahapan dalam Siklus Hidup Pengembangan Software (SDLC) terdiri dari Analisa, perancangan, pengkodean, uji coba dan implementasi. Keuntungan yang didapat diantaranya yaitu mudah dibawa dan dipakai. Selain itu, dapat membantu para pemakai atau wisatawan dalam mencari informasi atau lokasi yang berada di Yogyakarta dalam satu aplikasi. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media informasi yang berguna dan bermanfaat pada saat berlibur ke Yogyakarta. Perangkat yang mendukung aplikasi wisata ini adalah perangkat mobile  berbasis android. Pada aplikasi ini informasi yang diberikan kepada pemakai antara lain akomodasi, transportasi, rekomendasi tempat, disertai map dan augmented reality. Hasil uji coba penerimaan user, 85% korespenden setuju bahwa aplikasi dapat membantu untuk mempermudah dalam mencari informasi wisata. Fungsi Peta, AR, Rekomendasi dan transportasi bermanfaat bagi user.
Keywords
Android; Aplikasi; Guide; Wisata; Augmented Reality
References

Arif Rizki M dan Rina Yulius, ”Implementasi Aplikasi Layanan Informasi Lokasi Strategis Kota Payakumbuh Berbasis Android”, Research of Science and Informatic, pp. 30-3, 2017.

Lorena Br G S, Pamungkas M, Rinaldy G Yogi, “Metode Markerless Untuk Membangun Aplikasi Pemandu Wisata Wilayah Ciayumajakuning Berbasis Mobile Android”, Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), pp. 65-76, 2017.

Suhandra Wawan, Putri P Endina, Efendi Rusdi, ”Implementasi Markerless Augmented Reality Location Based Dalam Pencarian Lokasi Wisata Di Kota Bengkulu”, Jurnal Rekursif, Vol. 6 No. 2, pp. 43-50, 2018.

Fernando, Mario, Membuat Aplikasi Android Augmented Reality menggunakan Vuforia SDK dan Unity, Buku AR Online, Manado, 2013.

H. Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi, 2008.

Suhardiman, Ardiwiyarti D, Maspaeni, Butar Butar B, ”Membangun Perpustakaan Digital Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumbawa Besar”, Jurnal Explore STMIK Mataram, Vol. 8, No. 2, pp. 14, 2018.

Arief Setyawan R dan Dzikri Afdhol, ”Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengah”, Jurnal SIMETRIS. Vol. 7, No. 1, pp. 296, 2016.

Fikri, I. A., Herumurti D., dan Rahman, R.H, “Aplikasi Navigasi Berbasis Perangkat Bergerak dengan Menggunakan Platform Wikitude untuk Studi Kasus

Lingkungan ITS”, Jurnal Teknik ITS, ISSN: 2337-3539/2301-

, Vol. 5, No. 1, 2016.

Sari, J., P, “Rancang Bangun Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android”, Jurnal Rekursif, ISSN 2303-0755, Vol. 2 Nomor 2, November 2014.

Rozaldi, F. R., Implementasi Augmented Reality pada Aplikasi Pemandu Kota Menggunakan Metode Location Service Berbasis Android, Makalah Seminar Tugas Akhir, 2015.

H. Setiabudi D, Rostianingsih S, Joanne L, “Sistem Informasi Geografis Dengan Fitur Peta dan Rute Perjalanan Studi Kasus Di Kabupaten Malang”, Konferensi Nasional Sistem Informasi, 2014.

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma

Information
PDF
440 times PDF : 437 times