PERANCANGAN PENENTUAN MATERI KURSUS MENGGUNAKAN FUZZY MADM DENGAN METODE SIMPLE ADDITTIVE WEIGHTING

Elyna Fazriyati
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Kursus merupakan salah satu sarana penunjang bagi setiap mahasiswa untuk menambah  dan mengasah kemampuan serta pengetahuan dalam belajar. Terutama bagi jurusan teknik informatika, manajemen informatika dan sistem informasi yang memerlukan praktik dalam kegiatan belajar sehari-hari. Kursus yang diselenggarakan untuk ketiga jurusan tersebut terdiri dari 3 tingkatan, yaitu fundamental, beginner dan intermediate yang disesuaikan dengan semester yang sedang dijalani oleh mahasiswa. Materi tingkat beginner dan intermediate merupakan cabang dari kursus materi tingkat fundamental yang berjumlah 12 materi. Proses penjadwalan kursus untuk ketiga jurusan tersebut seringkali terdapat kendala berupa penentuan materi beginner yang merupakan cabang dari materi fundamental, yang masing-masing materi fundamental memiliki 2 cabang untuk tingkat beginner sehingga mahasiswa memiliki 4 cabang materi beginner sebagai pilihan yang di ambil dari materi fundamental yang telah diikuti pada tingkat 1, yaitu semester 1 dan 2. Hal ini menyebabkan pengelolaan data untuk penentuan materi dilakukan secara acak tanpa melihat prioritas tertinggi dari mahasiswa dan kriteria pendukung lainnya. Maka untuk menyelesaikan masalah yang terjadi, dibuat perancangan pembangunan sistem pendukung keputusan untuk menentukan materi tingkat beginner dengan alternatif terbaik berdasarkan dengan kriteria yang telah ditentukan akan menggunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW).
Keywords
Fuzzy MADM; Kursus; SAW; SPK; Beginner
References

Gunawan., Kesuma, R. P., Wigati, R.R. “Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Pemberian Beasiswa Tingkat Sekolah”. JSM STMIK Mikroskil, Vol. 14, No. 2, pp. 89-98, 2013.

Faqih, H. “Implementasi DSS Dengan Metode SAW Untuk Menentukan Prioritas Pekerjaan Operasi Dan Pemeliharaan Sistem Irigasi DPU Kabupaten Tegal”. Bianglala Informatika, Vol. II, No. 1, 2014.

Dian Novita, dkk. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Jurusan Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decision Making Dengan Metode Simple Additive Weighting Studi Kasus Pada SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang”. Jurnal Transformatika, Vol. 11, No. 2, pp. 69-78, 2014.

Kusumadewi, S. Hatati, S. Harjoko, A. dan Wardoyo, R., Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma

Information
PDF
210 times PDF : 268 times