PEMBUATAN APLIKASI SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT INFEKSI YANG DISEBABKAN OLEH BAKTERI DAN VIRUS

Intan Meutia Sari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Farid Thalib
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Penyakit infeksi merupakan salah satu masalah kesehatan yang utama. Salah satu penyakit infeksi yang sering dialami ialah yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Namun kenyataannya banyak penyakit yang pada akhirnya terlambat didiagnosis sehingga mencapai tahap kronsis. Padahal sebelum mencapai tahap tersebut, biasanya penderita menunjukkan gejala penyakit yang dideritanya namun masih dalam tahap ringan. Untuk mencegah hal tersebut, maka diperlukan adanya sistem yang dapat membantu tenaga medis untuk mendiagnosis penyakit infeksi agar penanganannya lebih cepat teratasi. Sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus merupakan suatu sistem yang dirancang sebagai alat bantu dalam mengidentifikasi penyakit tersebut secara dini. Sehingga diharapkan sistem ini dapat membantu tenaga medis dalam mengidentifikasi penyakit sesuai dengan gejala yang dialami oleh penderita. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu aplikasi sistem pakar berbasis website dengan menggunakan PHP dan MySQL yang mampu memberikan informasi solusi jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus dengan menggunakan metode teknik pelacakan forward chaining. Aplikasi ini akan menampilkan pilihan gejala-gejala yang dapat dipilih pemakainya hingga didapatkan hasil akhir atau kesimpulan hasil analisa dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Hasil akhir pada sistem pakar ini akan menampilkan nama penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang dialami oleh penderita.
Keywords
Bakteri; Virus; Forward Chaining; Sistem Pakar; Website
References

Mutsaqof, A. A. N., Wiharto., dan Suryani, E., “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Infeksi Menggunakan Forward chaining”, Jurnal ITSmart, Vol. 4, No. 1, pp. 43-47, 2015.

Ritonga, M. R., Solikhun., Lubis, M. R., dan Windarto, A. P., “Sistem Pakar Diagnosa Gejala Awal Penyakit Akibat Virus Pada Anak Berbasis Mobile Dengan Forward chaining”, Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, Vol. 2, No. 2, pp. 140-146, 2018.

Agustina, D., Mustafidah, H., dan Purbowati, M. R., “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Akibat Infeksi Jamur”, JUITA, ISSN: 2086-9398, Vol 4, No. 2, pp. 67-77, 2016.

Gozzal, R. M., dan Indarti, D., “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Balita dengan Metode Forward chaining Berbasis Android”, Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, Vol. 22, No. 3, pp. 180-190, 2017.

Septiana, L., “Perancangan Sistem Pakar Diagosa Penyakit ISPA dengan Metode Certainty factor Berbasis Android”, Jurnal Techno Nusa Mandiri, Vol. 13, No. 2, pp 1-8, 2016.

Arhai, M., Konsep Dasar Sistem Pakar, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

E. Turban, R. Sharda dan D. Delen, Decission Support System and Business Intelligent Systems Ninth Edition, New Jersey: Pearson Education, 2011.

Kelly, H., Bennett, N., Murray, S., dan O’Grady, K. A., Pengenalan, Pencegahan dan Penyembuhan Penyakit-Penyakit yang Disebabkan Oleh Bakteri dan Virus, Yogyakarta: PALLMAL Yogyakarta, 2009.

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma

Information
PDF
12386 times PDF : 4336 times